Tulusroh, Saada and Sumarto, Sumarto and Putra, Hastha Purna (2024) Kompetensi Guru BImbingan dan Konseling dalam Mendesain Media Konseling Di SMKN 2 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
Skripsi Saada Full.pdf - Accepted Version Download (8MB) |
Abstract
Saada Tulusroh NIM. 20641034 “ Kompetensi Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mendesain Media Konseling Di SMKN 02 Rejang Lebong “, Skripsi, Program Studi Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) Media konseling yang dirancang dengan menarik dan sesuai dengan karakteristik kebutuhan siswa memiliki potensi besar untuk memotivasi mereka dalam mengikuti layanan Bimbingan dan Konseling (BK). Oleh karena itu, penting bagi guru BK untuk memiliki kompetensi yang memadai dalam mendesain media konseling yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana kompetensi guru BK dalam merancang media konseling, meliputi aspek-aspek kompetensi yang diperlukan serta metode yang digunakan dalam proses desain media di lingkungan sekolah.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan data primer dari observasi dan wawancara terhadap guru BK sebagai informan kunci. Data sekunder yang digunakan adalah bahan pustaka seperti jurnal, buku, skripsi, dan sumber dari internet. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta menggunakan teknik keabsahan data melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan : 1) Guru BK di SMKN 02 Rejang Lebong memiliki kompetensi yang cukup baik, dengan adanya pengembangan program BK yang dibuat oleh guru BK, langkah awal dalam pengembangan program yaitu menganalisis kebutuhan dan permasalah dari siswa lalu merancang program layanan BK. 2) Guru BK di SMKN 02 rejang lebong telah mengembangkan media bk di sekolah, guru BK meneruskan dan mengukuti media konseling yang sudah ada dan tesedia yang telah digunakan oleh para guru BK sebelum�sebelumnya di sekolah, namun untuk membuat atau mendesain media sendiri guru BK di SMKN 2 Rejang Lebong masih belum melaksanakan nya, guru BK tetap menggunakan media konseling dalam pemberian layanan, untuk penggunaan media konseling dalam layanan BK guru BK hanya menggunakan media pada saat tertentu saja, seperti pada saat kegiatan disekolah dilakukan di aula sekolah saat semua siswa berkumpul di aula sekolah, untuk pemberian layanan di dalam kelas belajar guru BK tidak menggunakan media konseling, dikarnakan kurangnya fasilitas yang mendukung untuk menggunakan media konseling didalam kelas, Guru BK di SMKN 02 Rejang Lebong sangat terbantu dengan adanya media konseling dalam pemberian layanan guru BK selain mudah untuk disampaikan siswa juga lebih dapat mudah memahami apa yang disampaikan guru BK, kesulitan atau tantangan guru BK dalam penggunaan media konseling di kelas besar guru BK dituntut untuk lebih kreatif dan lebih mengikuti desain media yang sudah mengikuti perkembangan zaman media yang lebih menarik dan terbaru untuk disampaiakan. Kata kunci : Kompetensi Guru BK, Mendesain Media, Media Konseling
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor T Technology > T Technology (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam | ||||||||
Depositing User: | akun2 akun2 | ||||||||
Date Deposited: | 29 Aug 2024 03:02 | ||||||||
Last Modified: | 29 Aug 2024 03:02 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7479 |
Actions (login required)
View Item |