Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Adversity Quotient (Aq) dan Gender

Novinda, Ivo and Latifa Irsal, IRNI and Palupi Putri, Dini (2024) Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Adversity Quotient (Aq) dan Gender. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
FUL TEKS Ivo Novinda.pdf - Accepted Version

Download (14MB)

Abstract

Ivo Novinda, (2024). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ) Dan Gender. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup. Adversity Quotient (AQ) mengukur kemampuan individu dalam menghadapi dan mengatasi kesulitan, yang diperkirakan memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi matematis. Selain itu, perbedaan gender juga menjadi faktor penting yang harus ditinjau. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi matematis siswa dengan mempertimbangkan faktor AQ dan Gender. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X.F dengan siswa sebanyak 36 orang SMAN 2 Rejang Lebong dari populasi seluruh kelas X yang terdiri dari 10 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, angket, dan observasi. Teknik analisis pada penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) kemampuan literasi matematis siswa tipe climber antara siswa laki-laki dan perempuan sebanyak 11 siswa atau sebesar 30,5% siswa dimana terdapat 5 siswa perempuan (45%) yang memiliki kemampuan literasi sedang pada tipe climber dan 2 siswa laki-laki (18%) dan 4 siswa perempuan (37%) memiliki kemampuan literasi matematis tinggi pada tipe climber. 2) kemampuan literasi matematis siswa tipe camper antara siswa laki-laki dan perempuan sebanyak 21 siswa sebesar 58,3% siswa dimana terdapat 3 siswa laki- laki (14%) dan 4 siswa perempuan (19%) yang memiliki kemampuan literasi rendah pada tipe camper, dan terdapat 4 siswa laki-laki (19%) dan 7 siswa perempuan (33%) yang memiliki kemampuan literasi sedang pada tipe camper, serta terdapat 3 siswa perempuan (15%) yang memiliki kemampuan literasi tinggi pada tipe camper. 3) kemampuan literasi matematis siswa tipe quitter antara siswa laki-laki dan perempuan sebanyak 4 siswa atau sebesar 11,2% siswa dimana terdapat 3 siswa laki-laki (75%) yang memiliki kemampuan literasi rendah pada tipe quitter dan 1 siswa perempuan (25%) yang memiliki kemampuan literasi rendah pada tipe quitter. Kata Kunci: Kemampuan Literasi Matematis, Adversity Quotient, Gender

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Novinda, Ivoivo.mhs@iaincurup.ac.id
Latifa Irsal, IRNIirni.latifa@iaincurup.ac.id
Palupi Putri, Dinidinipalupiputri@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 29 Aug 2024 04:20
Last Modified: 29 Aug 2024 04:20
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7460

Actions (login required)

View Item View Item