Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (Tsts) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV MIS Muhammadiyah 14 Talang Ulu

Herlizah, Nisfiatul and Riyan oktori, Agus and Yulizah, Yosi (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (Tsts) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV MIS Muhammadiyah 14 Talang Ulu. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
FUL TEKS LIZAA.pdf

Download (4MB)

Abstract

NISFIATUL HERLIZA, NIM.20591129 “Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV MIS Muhammadiyah 14 Talang Ulu ”, Skripsi Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup.Penelitian ini di latar belakangi adanya permasalahan rendahnya hasil belajar siswa karena pembelajaran hanya menggunakan Model pembelajaran yang monoton atau model pembelajaran konvensional dan berpusat pada guru saja. Peneliti memutuskan untuk menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) upaya mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dengan yang di ajrakan secara konvensional. 2) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik setelah diberikan perilakuan dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS). 3) untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia di MIS Muhammadiyah 14 Talang Ulu. Jenis penelitian yaitu kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen. Dengan menggunakan metode Quasi Eksperimen, yaitu menggunakan kelas Eksperimen dan kelas kontrol. Desain penelitian yang di gunakan yaitu Nonequivalent Eksperimen. Penelitian ini di lakukan di kelas IV. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji-t).Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar sebelum di terapkannya model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) tergolong rendah dengan nilai rata-rata 57,75, sehingga setelah di terapkannya model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) hasil belajar peserta didik meningkat dengan nilai rata-rata 81,25. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap hasil belajar siswa dibuktikan dengan nilai signifikansi (2-tailed) yaitu 0,001 < 0,005 hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar pretest dan posttest, yang artinya ada pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas IV MIS Muhammadiyah 14 Talang Ulu. Kata Kunci : Model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS),hasil belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Herlizah, NisfiatulUNSPECIFIED
Riyan oktori, Agusagusriyanoktori@iaincurup.ac.id
Yulizah, Yosiyosiyulizah@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
B Philosophy. Psychology. Religion > BX Christian Denominations
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:14
Last Modified: 29 Aug 2024 07:14
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7459

Actions (login required)

View Item View Item