Pengaruh Strategi Pembelajaran Giving Question And Getting Answer (Gqga) Dalam Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas V MIIS Muhammadiyah 14 Talang Ulu

Nopitasari, Fina and Khair, Ummul and Rahma Ningtyas, Amanah (2024) Pengaruh Strategi Pembelajaran Giving Question And Getting Answer (Gqga) Dalam Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas V MIIS Muhammadiyah 14 Talang Ulu. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
FUL TEKS FINA NOPITASARII.pdf

Download (5MB)

Abstract

Fina Nopitasari, NIM. 20591075 "Pengaruh Strategi Pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GOGA) Dalam Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas V MIS Muhammadiyah 14 Talang Ulu". Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas V MIS Muhammadiyah 14 Talang Ulu, penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui hasil belajar siswa; 2) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa setelah dan sebelum penerapan strategi pembelajaran aktif; 3) Mengetahui pengaruh strategi Giving Question and Getting (GOGA) Answer terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas V MIS Muhammadiyah 14 Talang Ulu. Berisikan tentang metodologi penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen, yang dimana penelitian ini dilakukan di kelas V. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi, serta Teknik analisis data berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji-1). Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Dari hasil proses penerapan strategi pembelajaran terdapat perbedaan antara nilai pretest dan nilai post-test, artinya terdapat peningkatan kognitif siswa setelah diberi perlakuan; 2) Pengaruh dalam penerapan strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) Dalam hasil belajar Bahasa Indonesia kelas V. Dibuktikan dengan nilai dibuktikan dengan thitung = 4,666≥ttabet 1,734, dengan n=20 dan a=0,05 dan df 18. berarti Ho tidak dapat diterima Ha dapat diterima. Sehingga bisa disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas V di MIS Muhammadiyah 14 Talang Ulu. Kata Kunci: Giving Question and Getting Answer, Hasil Belajar, BI

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Nopitasari, Finafina.mhs@iaincurup.ac.id
Khair, Ummulummulkhair@iaincurup.ac.id
Rahma Ningtyas, Amanahamanahragma@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 29 Aug 2024 03:58
Last Modified: 29 Aug 2024 03:58
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7456

Actions (login required)

View Item View Item