Pengaruh Metode Resitasi Berbasis Literasi Sains Terhadap Keaktifan Siswa dalam Group Learning Method pada Pembelajaran Ipa Kelas V SDN 99 Rejang Lebong

Agnes Tiara, Seffira and Warlizasusi, Jumira and Rahmadeni, Fevi (2024) Pengaruh Metode Resitasi Berbasis Literasi Sains Terhadap Keaktifan Siswa dalam Group Learning Method pada Pembelajaran Ipa Kelas V SDN 99 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SEFFIRA AGNES TIARA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SEFFIRA AGNES TIARA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sefira Agnes Tiara, NIM. 20591170, “Pengaruh Metode Resitasi Berbasis Literasi Sains Terhadap Keaktifan Siswa Dalam Group Learning Method Pada Pembelajaran IPA Kelas V SDN 99 Rejang Lebong”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Curup. Dalam mencapai tujuan pendidikan nasional Indonesia, perlunya peran seorang guru untuk menyusun perencanaan aktivitas pembelajaran, salah satunya metode pembelajaran yang memegang peran penting, salah satunya metode resitasi berbasis sains, di SDN 99 Rejang Lebong telah diterapkan metode tersebut, guna mewujudkan apa yang diharapkan pendidikan nasional dan wadah melatih keaktifan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan pertama, mengetahui metode berbasis literasi SAINS Pada Pembelajaran IPA. Kedua, mengetahui keaktifan siswa dalam group learning method pada pembelajaran IPA. Ketiga, mengetahui pengaruh metode berbasis literasi sains terhadap Keaktifan siswa dalam group learning method pada pembelajaran IPA kelas V SD N 99 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi sebanyak 35 siswa, sampel 35 siswa, teknik pengambilan sampel menurut Suharsimi Arikunto, sehingga populasi menjadi sampel. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan statistik. Hasil penelitian, pertama, Penerapan metode Resitasi berbasis literasi SAINS pada pembelajaran IPA, dari hasil observasi diperoleh nilai 93,91 dan hasil angket lebih banyak siswa-siswi kelas 5 SDN 99 Rejang Lebong, menyatakan setuju dan sangat setuju terhadap penerapan metode Resitasi berbasis literasi SAINS pada pembelajaran IPA, dengan 85,33% setuju dan 14,09% sangat setuju. Kedua, Keaktifan siswa pada siswa-siswi kelas 5 SDN 99 Rejang Lebong dalam pembelajaran IPA dalam katagori sering 80,91% dan selalu 17,83%, keaktifan terendah pada indikator emotionl activities misalnya: menaruh minat, merasa bosan, gembira, bersemangat, berpengaruh, berani, tenang dan gugup , dengan nilai 63,57. Dan keaktifan tertinggi pada indikator writing activities seperti menulis cerita, laporan, karangan, angket, menyalin, mengerjakan tes, dengan nilai 83,86. Ketiga, Pengaruh metode berbasis literasi sains terhadap Keaktifan siswa dalam group learning method pada pembelajaran IPA kelas V SD N 99 Rejang Lebong. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan korelasi product moment diperoleh nilai rhitung sebesar 1.00 sementara rtabel dengan taraf signifikan 5% sebesar 0,334, dengan demikian nilai rhitung > rtabel (1.00 > 0.334), artinya terdapat pengaruh antara metode resitasi berbasis sains terhadap keaktifan siswa dalam group learning method pada pembelajaran IPA. Kata Kunci: Metode Resitasi, Literasi Sains, Keaktifan Siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Agnes Tiara, Seffiraseffira.mhs@iaincurup.ac.id
Warlizasusi, Jumirajumira.ifnaldi@gmail.com
Rahmadeni, Fevifevirahmadeni@iain.ac.id
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:05
Last Modified: 26 Aug 2024 07:05
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7423

Actions (login required)

View Item View Item