Nur Amattullo, Puja and Susilawati, Susilawati and Zulaiha, Siti (2024) Pengaruh Maket Diorama Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas IV di SD Negeri 1 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
skripsi pujaaaaaaaaa.pdf - Accepted Version Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 1 Rejang Lebong, dibuktikan dari nilai ulangan semester siswa yang masih di bawah kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) dan mengakibatkan peserta didik cenderung pasif selama proses pembelajaran sehingga membuat aktivitas belajar peserta didik kurang optimal. Guru sebagai pendidik masih kurang menggunakan bahan ajar yang menarik dan menyenangkan menjadikan siswa kurang responsif. Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) Untuk menganalisis bagaimana kemampuan kognitif siswa sebelum dan sesudah menggunakan Maket Diorama di kelas IV SD Negeri 1 Rejang Lebong. 2) Untuk membuktikan apakah terdapat pengaruh penggunaan Maket Diorama terhadap kemampuan kognitif siswa kelas IV di SD Negeri 1 Rejang Lebong Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, dengan desain penelitian quasi eksperimen control group pretest-posttest design. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas IV, yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan kelas kontrol dengan jumlah 29 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes soal pilihan ganda, serta teknik analisis data yang digunakan uji hipotesis independent sampel t-test. Berdasarkan hasil penelitian dari penerapan pembelajaran menggunakan Maket Diorama terhadap kemamapuan kognitif siswa menunjukan bahwa; 1) kemampuan kognitif siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan Maket Diorama didapatkan hasil nilai rata-rata pretest siswa 67,88 sedangkan hasil posttest kelas eksperimen 82,63. 2) pengaruh penggunaan Maket Diorama terhadap kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran IPA kelas IV di SD Negeri 1 Rejang Lebong, berdasarkan uji hipotesis independent sampel t test, diketahui nilai sig (1-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan Maket Diorama terhadap kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran IPA kelas IV di SD Negeri 1 Rejang Lebong.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor T Technology > T Technology (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun3 akun3 | ||||||||
Date Deposited: | 22 Aug 2024 08:20 | ||||||||
Last Modified: | 22 Aug 2024 08:20 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7422 |
Actions (login required)
View Item |