Analisis Peran Guru Tpa Al Istikomah Dalam Pembinaan Perilaku Beragama Terhadap Anak-Anak Di Desa Muara Tenang Kecamatan Semende Darat Tengah Kabupaten Muara Enim

Sangkut, Rahma and Kusen, Kusen and Cikdin, Cikdin (2024) Analisis Peran Guru Tpa Al Istikomah Dalam Pembinaan Perilaku Beragama Terhadap Anak-Anak Di Desa Muara Tenang Kecamatan Semende Darat Tengah Kabupaten Muara Enim. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
full text.pdf - Accepted Version

Download (9MB)

Abstract

Maraknya kenakalan anak anak, dekadensi moral, serta kurangnya kesadaran bagi anak anak menyebabkan anak anak sendiri semakin jauh dari perilaku keberagamaan. Oleh karena itu sangatlah diperlukan pembinaan dalam perilaku beragama terutama di kalangan anak anak. Mereka perlu dibina baik dari lembaga formal maupun lembaga non formal. TPA hadir sebagai lembaga non formal yang ikut serta membantu perbaikan dan pembinaan terhadap anak anak. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui peran Guru TPA Al-Istikomah dalam pembinaan perilaku beragama terhadap anak-anak di Desa Muara Tenang Kecamatan Semende Darat Tengah Kabupaten Muara Enim serta untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi TPA Al istikomah dalam melakukan pembinaan perilaku beragama terhadap anak-anak baik faktor pendukung maupun faktor penghambatnya . Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini, teknik yang penulis gunakan antara lain: wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah tenaga pengajar, orang tua/wali, tokoh masyarakat dan peserta didik TPA al Istikomah. Sebagai penguat di dalam penelitian ini, dengan teknik analisis data, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, conclusion drawing/verification Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Guru TPA Al Istikomah memiliki peranan yang sangat penting dalam menciptakan generasi Islami yang taat beribadah dan sebagai penunjang pendidikan agama islam pada lembaga nonformal yang bertujuan untuk membentuk peserta didiknya menjadi generasi yang Qur’ani, Guru TPA Al Istikomah juga memiliki peranan yang sangat penting dalam membentuk perilaku beragama terhadap anak-anak di TPA, hal ini terbukti dengan adanya Sikap hormat, taat dan Patuh terhadap Orang tua yang di perlihatkan oleh anak-anak. Sikap ini tercermin ketika anak-anak dapat menghormati orang yang lebih tua, patuh terhadap perintah yang diberikan oleh orang tua, memberi salam dan berpamitan ketika akan keluar rumah, menghormati dan bersalaman dengan tamu yang datang kerumah. yang tentunya dengan beberapa faktor pendukung yang diantaranya: 1) adanya dukungan orang tua, 2) motivasi anak untuk mengikuti pembelajaran di TPA, 3) lingkungan masyarakat sekitar TPA yang menyambut gembira keberadaan TPA dan faktor penghambat yang diantaranya: 1) sistem pendidikan yang belum baku, 2) keterbatasan jumlah tenaga pengajar, 3) Tempat (lokasi) dan fasilitas Pelaksanaan Belajar Mengajar yang belum memadai. Kata Kunci: Perilaku Beragama, Guru TPA, Taman Pendidikan Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sangkut, Rahmarahma.mhs@iaincurup.ac.id
Kusen, Kusenkusenpasca1969@gmail.com
Cikdin, Cikdincikdinnnn12@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Perilaku Beragama, Guru TPA, Taman Pendidikan Al-Qur’an
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 21 Aug 2024 08:27
Last Modified: 21 Aug 2024 08:27
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7417

Actions (login required)

View Item View Item