Implementasi Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) pada Pembelajaran Ipas Kelas IV di SD Negeri 01 Bermani Ilir

NADILA, YEVI and Ratnawati, Ratnawati and Oktori, Agus Riyan (2024) Implementasi Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) pada Pembelajaran Ipas Kelas IV di SD Negeri 01 Bermani Ilir. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
FILE YEVI NADILA SKRIPSI 20591210.pdf

Download (4MB)

Abstract

Yevi Nadila NIM. 20591210 “Implementasi Technological Pedagogical Contentn Knowledge (TPACK) Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV Di SD Negeri 01 Bermani Ilir” SD Negeri 01 Bermani Ilir telah menggunakan TPACK sejak tahun 2023, namun implementasinya belum terintegrasi secara konsisten dalam setiap kegiatan pendidikan di sekolah tersebut. TPACK telah diterapkan di SD Negeri 01 Bermani Ilir khususnya pada mata pelajaran IPA dan IPS, dengan Ibu Ana Maria S.Pd. sebagai guru IPAS. Implementasi TPACK akan dibatasi pada pembelajaran topik-topik yang diantisipasi akan menimbulkan tantangan bagi pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Partisipan dalam penelitian ini meliputi Kepala Sekolah, Guru Kelas IV, dan Siswa Kelas IV. Peneliti menggunakan metodologi analisis data yang terdiri dari tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Penelitian ini menemukan bahwa guru dalam pembelajaran IPAS kelas IV memiliki Pengetahuan Teknologi (TK) dalam menggunakan perangkat keras seperti laptop dan proyektor LCD, serta perangkat lunak seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft Power Point. Selain itu, mereka menunjukkan Pengetahuan Pedagogis (PK) dalam manajemen kelas dengan mengondisikan siswa sebelum kegiatan pembelajaran dan menerapkan metode pengajaran yang menarik. Mereka juga menunjukkan PK dalam perencanaan pembelajaran melalui penyusunan silabus, rencana pelajaran, modul, dan media power point. 3) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran terdiri dari tiga tahap: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. d) Evaluasi pembelajaran dilakukan dalam tiga aspek: sikap, pengetahuan, dan keterampilan. 3) Pengetahuan Konten (PK) guru dalam mengajar IPA kepada siswa kelas IV meliputi: a) Memiliki pengetahuan tentang konten, yang melibatkan penggunaan berbagai sumber belajar. b) Menjelaskan materi pelajaran menggunakan metode ceramah dan media Power Point. Kata kunci: Kompetensi Guru, TPACK, Pembelajaran IPAS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
NADILA, YEVIyevi.mhs@iaincurup.ac.id
Ratnawati, Ratnawatiratnawati@iaincurup.ac.id
Oktori, Agus Riyanagusriyanoktori@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 21 Aug 2024 04:28
Last Modified: 21 Aug 2024 04:28
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7413

Actions (login required)

View Item View Item