Penerapan Metode Ekspresi Bebas Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Menggambar Siswa Kelas IV SDN 20 Rejang Lebong

Nofiana, Sinta and Zulaiha, Siti and Kumara Dewi, Jauhari (2024) Penerapan Metode Ekspresi Bebas Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Menggambar Siswa Kelas IV SDN 20 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI_SINTA NOFIANA_20591178.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Sinta Nofiana, NIM. 20591178, “Penerapan Metode Ekspresi Bebas Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Menggambar Siswa Kelas IV SDN 20 Rejang Lebong” Skripsi Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya keterampilan menggambar siswa kelas IV pada mata pelajaran Seni Rupa di SDN 20 Rejang Lebong. Penelitian ini memiiki tujuan untuk; 1) Mengetahui keterampilan menggambar siswa sebelum diajarkan menggunakan metode ekspresi bebas. 2) Mengetahui keterampilan menggambar siswa setelah diajarkan menggunakan metode ekspresi bebas. 3) Mengetahui peningkatan keterampilan menggambar dalam metode ekspresi bebas siswa kelas IV SDN 20 Rejang Lebong. Metodologi penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan di ruang kelas empat dengan jumlah peserta 30 orang. Penelitian ini mengikuti metode yang ditetapkan Kemmis dan Mc Taggart, yang meliputi persiapan, pengambilan tindakan, observasi, dan refleksi. Strategi pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi penilaian produk, menggambar, observasi, dan mendokumentasikan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui nilai persentase, rata-rata nilai siswa, hasil observasi, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membuat sketsa siswa berada di bawah standar, dengan skor rata-rata 69,6, sebelum menggunakan pendekatan Ekspresi Bebas. 2) Setelah dilaksanakannya siklus I terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa yaitu menjadi 76 dengan tingkat ketuntasan sebesar 76,6%. Pada siklus II nilai rata-rata semakin meningkat menjadi 87 dengan tingkat ketuntasan 100%. 3) Temuan penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan nyata dalam keterampilan menggambar siswa antara siklus I, dengan skor rata-rata 76, dan siklus II, dengan skor rata-rata 87. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan yang signifikan. peningkatan kemampuan seni siswa melalui pemanfaatan teknik Ekspresi Bebas. Kata kunci: Metode Ekspresi Bebas, Keterampilan Menggambar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Nofiana, Sintasinta.mhs@iaincurup.ac.id
Zulaiha, Sitisitizulaiha@iaincurup.ac.id
Kumara Dewi, Jauharijauharikumaradewi@gmail.com
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 21 Aug 2024 04:25
Last Modified: 21 Aug 2024 04:25
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7411

Actions (login required)

View Item View Item