Analisis Permainan Tradisional Lompat Kodok Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Siswa Kelas 1 SDN 06 Ujan Mas

FITRIA, ADE and Asha, Lukman and Hartati, Meri (2024) Analisis Permainan Tradisional Lompat Kodok Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Siswa Kelas 1 SDN 06 Ujan Mas. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
SKRIPSI ACC ADEPITT.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Ade Fitria, NIM. 20591001 “Analisis Permainan tradisional Lompat Kodok Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Siswa Kelas 1 Di SDN 06 Ujan Mas”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup, 2024. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyak siswa di SD Negeri 06 Ujan Mas yang memiliki perkembangan sosial emosional yang belum berkembang secara maksimal. Hal ini dikarenakan bahwa selama ini anak-anak fokus dikegiatan pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Maka dari itu penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 1C SD Negeri 06 Ujan Mas, penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengetahui perkembangan sosial emosional siswa kelas 1 SD Negeri 06 Ujan Mas sebelum melakukan permainan tradisional lompat kodok ; 2) Mengetahui permainan tradisional lompat kodok terhadap perkembangan sosio-emosioal kelas 1 SD Negeri 06 Ujan Mas. Metode penelitian ini kualitatif dan merupakan studi kasus. Siswa yang terlibat dalam penelitian adalah siswa kelas 1C SD Negeri 06 Ujan Mas. Penelitian ini juga menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu, teknik analisis data seperti reduksi, penyajian, dan menarik kesimpulan digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional lompat kodok memiliki peran penting dalam perkembangan sosial emosional anak. Permainan ini membantu anak-anak mengembangkan berbagai aspek penting dari perkembangan sosial emosional. Secara keseluruhan dijelaskan dalam 3 indikator berupa; 1) Perkembangan kesadaran diri mengajarkan anak untuk mengenali dan mengelola emosi, 2) Perkembangan rasa tanggung jawab diajarkan untuk bertanggung jawab atas aturan permainan maupun dalam menerima kekalahan, 3) Perkembangan prilaku prososial mengembangkan perilaku seperti empati, berbagi dan bekerja sama. Kata kunci: Perkembangan Sosial Emosional, Permainan Tradisonal Lompat Kodok

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
FITRIA, ADEadefitria.mhs@iaincurup.ac.id
Asha, Lukmanlukman.asha@iaincurup.ac.id
Hartati, Merimerryhartati8055@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 16 Aug 2024 08:27
Last Modified: 16 Aug 2024 08:27
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7376

Actions (login required)

View Item View Item