Respon Netizen Terhadap Dakwah Abuya Mama Ghufron Albantani Dalam Channel Youtube Ponpes Uniq Nusantara

Suganda, Ragis and Anrial, Anrial and Aditya Putra, Robby (2024) Respon Netizen Terhadap Dakwah Abuya Mama Ghufron Albantani Dalam Channel Youtube Ponpes Uniq Nusantara. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Skripsi Ragis Suganda (20521056) KPI 2020.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana respon netizen terhadap konten dakwah abuya mama ghufron albantani pada akun YouTube Pesantren Uniq Nusantara, dan untuk mengetahui bagaimana kecendrungan respon netizen terhadap konten dakwah abuya mama ghufron albantani pada akun YouTube Pesantren Uniq Nusantara. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dengan pendekatan analisis isi, ialah teori pendekatan yang bersifat pembahasan mendalam terhadap isi suatu informasi tertulis atau tercetak dalam media massa. Dengan analisis isi ini, peneliti bisa mempelajari gambaran dari isi, karakteristik pesan, ataupun perkembangan dari respon netizen pada konten akun youtube ponpes uniq nusantara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melakukan observasi, dokumentasi dan analisi data. Data yang telah diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode yaitu pengumpulan data reduksi, penyajian dan kesimpulan. Berdasarkan analisi yang dilakukan tentang respon netizen terhadap dakwah abuya mama ghufron albantani dalam channel youtube ponpes uniq nusantara peneliti menyimpulkan bahwa ditemukan tiga bentuk respon, antara lain yang pertama ialah respon kognitif, yang mana respon ini berkaitan dengan pengetahuan, pemahaman ataupun penalaran netizen. Yang kedua yaitu respon afektif dimana respon ini berkaitan dengan perasaan dan emosi netizen seperti rasa suka atau tidak suka dan kemudian hal ini diungkapkan melalui komentar. Dan yang ketiga yaitu respon konatif, respon ini diberikan karena netizen memiliki motivasi atau keinginan untuk melakukan atau bertindak sesuai seperti apa yang dlihatnya. Dari ketiga respon itu, netizen lebih cenderung memberikan respon afektif, dimana respon ini berkaitan dengan perasaan dan sikap netizen. Komentar yang diberikan oleh netizen lebih berkaitan dengan emosi netizen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Suganda, Ragisragis.mhs@iaincurup.ac.id
Anrial, Anrialanrialma@gmail.com
Aditya Putra, Robbyrobbyaditiyaputra@iaincurup.co.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 16 Aug 2024 03:18
Last Modified: 16 Aug 2024 03:18
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7363

Actions (login required)

View Item View Item