Analisis Elemen Komunikasi Visual Media Digital pada Akun Instagram @PINTERPOLITIK

Frenika, Maisya and Verolyna, Dita and Kurnia Syaputri, Intan (2024) Analisis Elemen Komunikasi Visual Media Digital pada Akun Instagram @PINTERPOLITIK. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
fulltext .pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital didukung oleh kekuatan Internet telah membawa banyak sekali perubahan yang luar biasa, termasuk bidang komunikasi. Hampir semua informasi pada saat ini berbentuk komunikasi visual, komunikasi visual merupakan proses pertukaran dan penyampaian infromasi atau pesan kepada pihak lain dengan penggunaan media penggambaran yang hanya terbaca oleh indera penglihatan. Elemen komunikasi visual sangat penting untuk di mncang saat membuat sebuah infografis atau media visual. Karena pada elemen dalam bentuk komunikasi visual terdapat banyak bagian-bagian seperti titik, garis, bidang, wama, tekstur, ruang, huruf serta ukuran. Bagian-bagian tesebut yang membantu keefektifan dalam pesan yang ingin di sampaikan yang di kemas dalam bentuk komunikasi visual. penelitian ini ingin melihat. bentuk infografis dan bagaimana elemen yang di tampilkan oleh akun @pinterpolitik dalam membuat konten berita. Akun @pinterpolitik merupakan salah satu bentuk akun yang menggunakan komunikasi visual. penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dan teori analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori analisis Charles Sanders Peicer, tentang sesuatu yang mewakili sesuatu bagi seseorang. Objek penelitiannya adalah beberapa infografis yang terdapat tampilan makna yang dapat di analisis elemennya yang berhubungan dengan Icon Indeks dan symbol. Dari penelitian ini terdapat beberapa elemen penting yang berkontribusi terhadap keberhasilan penyampaian pesan, terdapat di tiga elemen penting pada infografis @pinterpolitik yaitu terdapat elemen tifografi yang menggunakan font sans serif, dan terdapat elemen warna yang menggunakan warna yang kontras antara latar belakang, font dan lustrasi, serta menggunakan ilustrasi berupa vektor sehingga membuat infografis lebih menarik dan kreatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap tiga infografis pada akun Instagram @pinterpolitik pada periode Maret 2024 hingga April 2024 maka penulis mengambilkesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa terdapat bentuk infografis yang berupa elemen seperti tipografi, ilustrasi dan juga wama dalam setiap infografis pada akun @pinterpolitik. Analisis elemen komunikasi visual pada tiga infografis di akun tersebut tanda visual yang dimunculkan berupa ilustrasi maupun wana serta ilustrasi memiliki makna untuk memperkuatisi dari berita atau informasi pada setiap desain infografis. Tanda verbal dan tanda visual tersebut tidak dapat berdiri sendiri, keduanya saling berkaitan satu dengan yang lainnya dan terdapat makna berita atau informasi pada setiap yang ingin disampaikan kepada khalayak umum dan didukung dengan ilustrasi yang menarik dan kreatif sehingga dapat membuat pesantersampaikan dengan baik. Kata Kunci: Komunikasi visual, Elemen komunikasi visual, Infografis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Frenika, Maisyamaisyafrenika.mhs@iaincurup.ac.id
Verolyna, Ditaditaverolyna@iaincurup.ac.id
Kurnia Syaputri, Intanintankurniasyaputri@iain.ac.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 16 Aug 2024 08:14
Last Modified: 16 Aug 2024 08:14
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7357

Actions (login required)

View Item View Item