Persepsi Konsumen tentang Isu Boikot Produk Aqua di TikTok

Ilham, Poppy Arianti and Verolyna, Dita and Kurnia Syaputri, Intan (2024) Persepsi Konsumen tentang Isu Boikot Produk Aqua di TikTok. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
POPPY ARIANTI ILHAM.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Berita terkait pembiokotan produk Aqua di sosial media TikTok yang viral banyak ditonton oleh masyarakat pengguna TikTok tentu saja memberikan dampak terhadap perusahaan Aqua. Setelah menonton banyak konsumen-konsumen TikTok memberikan persepsi terkait berita pemboikotan produk Aqua. Banyak konsumen pengguna produk Aqua yang melihat bertita viral di sosial media TikTok terkaita pemboikotan produk Aqua. Konsumen yang telah menyaksikan berita boikot tersebut banyak mengelurkan tanggapan ataupun persepsi yang sangat beragam ada yang tidak terpengaruh terkait berita yang viral dan sebagian konsumen ada juga yang merasa tidak nyaman dan ingin mengganti produk Aqua dengan jenis lain ataupun brand lain. Penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana persepsi konsumen tentang isu boikot produk aqua di TikTok dan untuk mengetahui Bagaimana fungsi media TikTok terhadap Isu Boikot. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian bersumber dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari data lapangan yang dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, wawancara yang diperoleh di lapangan. Data sekunder diperoleh dari buku, jurnal, artikel, screenshot yang berkaitan dengan data penelitian dimedia tiktok dan referensi lain yang bersangkutan dengan penelitian yang akan diteliti oleh peneliti. Hasil penelitian menemukan proses persepsi interpersonal berlangsung melalui lima tahapan yaitu stimulasi, organisasi, interpretasi dan evaluasi, memori, dan pengingatan, persepsi yang muncul merupakan persepsi negatif dan positif dimana terdapat 2 persepsi negatif dan 2 persepsi positif. Kemunculan persepsi tersebut tidak hanya semata-mata muncul begitu saja melinkan melalui beberapa tahapan seperti stimulasi yang diterima oleh penglihatan dan pendengaran berupa isu berita pemboikotan produk aqua, proses pengorganisasian dengan mencari informasi secara mendalam, interprestasi dan evaluasi dimana stimulus dikaitkan dengan pengalaman, keinginan, kebutuham dan emosi, selanjutnya memori dan pengingat yang dapat di pangil kembali untuk konsumen memasuki tahap akhi untuk mengeluarkan persepsi yang berbeda-beda sesuai dengan faktor yang mempengaruhi konsumen tersebut. Kata Kunci: Persepsi, Konsumen, Boikot, Produk Aqua, Media Sosial Tiktok

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ilham, Poppy Ariantipoppy@iaincurup.ac.id
Verolyna, Ditaditaverolyna@iaincurup.ac.id
Kurnia Syaputri, Intanintankurniasyaputri@iain.ac.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HJ Public Finance
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 16 Aug 2024 02:45
Last Modified: 16 Aug 2024 02:45
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7344

Actions (login required)

View Item View Item