Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Keterampilan berbicara Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMPN 05 Rejang Lebong

Ulya, Nila Rifatul and Yanto, Murni and Hartati, Meri (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Keterampilan berbicara Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMPN 05 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMPN 05 REJANG LEBONG.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterampilan berbicara rendah hal ini dibuktikan ketika siswa diminta berbicara di depan sebagian siswa melakukan kesalahan aspek kebahasaan seperti ketidaktepatan ucapan, pilihan kata, penggunaan kosakata baku. intonasi atau mengalami hambatan aspek non kebahasaan. Adanya masalah-masalah tersebut, perlu dilakukan upaya perbaikan dan inovasi terhadap gaya pembelajaran melalui model pembelajaran role playing. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui keterampilam berbicara siswa Kelas VII SMP N 05 Rejang Lebong sebelum melakukan model pembelajaran role playing pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. 2) Untuk mengetahui keterampilam berbicara siswa Kelas VII SMP N 05 Rejang Lebong sesudah melakukan model pembelajaran ole playing pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. 3) Untuk mengetahui pengaruh signifikan model pembelajaran Role Playing terhadap keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP N 05 Rejang Lebong. Penelitian berbentuk kuantitatif dengan metode metode pre-eksperimen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 29 orang dengan teknik pengambilan mndom sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ialah skala liker. Validitas instrumen yang digunakan rumus product moment dan uji reliabilitas dengan rumus cronbach alpha. Hasil reliabilitas menunjukkan sebesar 0,856. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Keterampilam berbicara siswa Kelas VII SMP N 05 Rejang Lebong sebelum melakukan model pembelajaran mle playing pada mata pelajaran Bahasa Indonesia berada pada kategori rendah. 2) Keterampilam berbicara siswa Kelas VII SMP N 05 Rejang Lebong sesudah melakukan model pembelajaran ole playing pada mata pelajaran Bahasa Indonesia berada pada kategori tinggi. 3) Terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Role Playing terhadap keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP N 05 Rejang Lebong hal dibuktikan dengan Hasil pengujian hipotesis keterampilan berbicara siswa di peroleh nilai sig. (2-taileld) sebesar 0,000 dimana 0,000 < 0,05 serta rata-mta nilai pretest dan posttest dari rata-rata nilai pretest 65.38 dan posttest 81.79. Kata Kunci: Role Playing, Keterampilan Berbicara.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ulya, Nila Rifatulnila.mhs@iaincurup.ac.id
Yanto, Murnimurniyanto@gmail.com
Hartati, Merimerryhartati8055@gmail.com
Subjects: L Education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 26 Aug 2024 02:37
Last Modified: 26 Aug 2024 02:37
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7340

Actions (login required)

View Item View Item