Pengaruh Motivasi dan Intensitas Belajar Tahsinul Qira’ah Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Mahasiswa di IAIN Curup

Putri, Oktia Anisa and Sutarto, Sutarto and Amrullah, Amrullah (2024) Pengaruh Motivasi dan Intensitas Belajar Tahsinul Qira’ah Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Mahasiswa di IAIN Curup. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf

Download (6MB)

Abstract

Salah satu usaha untuk memperbaiki bacaan Al-Qur’an adalah dengan mengikuti kegiatan Tahsinul Qira’ah, baik pada Pendidikan formal, nonformal, maupun informal. Institut Agama Islam Negeri Curup telah melaksanakan program Tahsinul Qira’ah sejak lama dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an mahasiswa yang berkuliah di IAIN Curup. Namun program ini lebih intensif lagi dilaksanakan sejak tahun 2022 mengikuti kebijakan dari Rektornya yakni Prof. Dr. Idi Warsah, M. Pd. I. Ada beberapa faktor yang mendukung keberhasilan seseorang dalam memperbaiki bacaan Al-Qur’an seperti motivasi dan intensitas belajar Tahsinul Qira’ah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh motivasi dan intensitas belajar tahsinul qira’ah terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an mahasiswa IAIN Curup khususnya pada Angkatan 2022. Pendekatan pada penelitian ini bersifat kuantitatif yang analisis datanya menggunakan angka-angka dan dengan prosedur statistik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan menggunakan sumber data primer berupa kuesioner yang diberikan kepada mahasiswa Angkatan 2022 dan sumber data sekunder yang digunakan meliputi beberapa literatur, artikel, jurnal yang berkenaan dengan penelitian yang dilakukan. Adapun teknik pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis statistik parametris inferensial yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian yang dilakukan dengan uji prasyarat data dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa IAIN Curup Angkatan 2022 memiliki tingkat motivasi dan intensitas yang tinggi dalam belajar tahsinul qira’ah, selain itu kemampuan mereka dalam membaca Al-Qur’an juga tinggi atau dengan kata lain memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an dengan kategori baik. Hasil penelitian juga menunjukan terdapat pengaruh motivasi dan intensitas belajar tahsinul qira’ah terhadap peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an mahasiswa di IAIN Curup yang menggunakan rumus korelasi. Diketahui bahwa korelasi (r) antara variabel motivasi (X1) dan intensitas (X2) dengan variabel kemampuan membaca Al-Qur’an (Y) bernilai r = 0,817, sehingga tingkat korelasinya termasuk kategori Sangat Kuat. Hasil dari Uji T diketahui thitung= 8,044 (X1) dan 10,781 (X2) sedangkan ttabel= 1,968, dari hasil uji T maka pengambilan keputusannya jika thitung ≥ ttabel = 8,044 ≥ 1,968 dan 10,781≥ 1,968, maka terdapat pengaruh antara motivasi dan intensitas belajar tahsinul qira’ah terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an mahasiswa di IAIN Curup, berarti dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Koefisien pengaruh motivasi dan intensitas belajar tahsinul qira’ah terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an mahasiswa di IAIN Curup sebesar 66,5% dan sisanya 33,5% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: Motivasi, Intensitas, Tahsinul Qira’ah, dan Kemampuan Membaca Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Putri, Oktia Anisaoktia.mhs@iaincurup.ac.id
Sutarto, Sutartosutarto@iaincurup.ac.id
Amrullah, Amrullahamrullah@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 14 Aug 2024 01:56
Last Modified: 14 Aug 2024 01:56
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7334

Actions (login required)

View Item View Item