Implementasi Model Circuit Learning di Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Menulis Karangan Narasi SDN 18 Rejang Lebong

Anniza, Vivi and Taqiyuddin, Muhammad and Hartati, Meri (2024) Implementasi Model Circuit Learning di Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Menulis Karangan Narasi SDN 18 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
skripsi vivi anniza26.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Implementasi Model Circuit Learning Di Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Menulis Karangan Narasi SDN 18 Rejang Lebong . penelitian ini bertujuan untuk: Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas V SDN 18 Rejang Lebong, penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengetahui bagaimana perencanaan implementasi model circuit learning di kelasV mata pelajaran Bahasa indonesia pokok bahasan menulis karangan narasi SDN 18 Rejang Lebong. 2) Mengetahui bagaimana pelaksanaan model circuit learning di kelasV mata pelajaran Bahasa indonesia pokok bahasan menulis karangan narasi SDN 18 Rejang Lebong. 3) Mengetahui bagaimana evaluasi model circuit learning di kelas V mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan menulis karangan narasi di SDN 18 rejang lebong? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini dilakukan kepada kepala sekolah,guru kelas V dan siswa kelas V. Dalam penelitian ini Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa;1)Penyusunan rencana pembelajaran yang berisi standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, materi pokok, kegiatan pembelajaran yang menerapkan strategi circuit learning, alokasi waktu, sumber belajar, dan penilaian yang mengacu pada kurikulum. Mempersiapkan format pengamatan atau lembar observasi terhadap aktifitas yang dilakukan guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Menentukan kolaborator sebagai observer. 2)Berdasarkan hasil observasi dan penelitian dilakukan di kelas V dapat disimpulkan bahwa penerapan model circuit learning dapat memksimalkan hasil pembelajaran menulis karangan narasi, bisa dilihat dari ketuntasan belajar dapat dikumukakan dari hasil dokumentasi siswa, dan aktivitas siswa dalam mengisi lembar kerja atau peta konsep serta observasi siswa.3)pelaksanaan evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan di SDN 18 Rejang Lebong sudah sangat baik, dan peserta didik merespon tugas dengan antusias, penilaian pada siswa berjalan sesuai dengan perencanaan dan sesuai dengan tujuan pembelajaran/materi yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Anniza, Vivivivi.mhs@iaincurup.ac.id
Taqiyuddin, Muhammadtaqiyuddin1402@gmail.com
Hartati, Merimerryhartati8055@gmail.com
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 13 Aug 2024 01:54
Last Modified: 13 Aug 2024 01:54
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7315

Actions (login required)

View Item View Item