Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Penigkatan Hasil Belajar Ipas Siswa Kelas Iv Sdn 77 Rejang Lebong

SEPTI ADE, TIANSI and Baryanto, Baryanto and Putrajaya, Guntur (2024) Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Penigkatan Hasil Belajar Ipas Siswa Kelas Iv Sdn 77 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
Skripsi,_SEPTI_ADE_TIANSI[1] (1) (1).pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas dari Pembelajaran Berdiferensasi Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SDN 77 Rejang Lebong dengan dilatar belakangi oleh kesulitan dalam memahami materi yang akan mereka pelajari hal ini dikarenakan adanya perbedaan kebutuhan dalam belajar dan juga adanya perbedaan kemampuan berpikir setiap siswa yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas pembelajaran dalam mengatasi permasalahan diatas. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. dengan design quasi ekperimen design, dengan teknik pemgumpulan data menggunakan Nonequivalent Control Group Desaign. Bentuk desain penelitian dengan pretest-posttest group desain. Teknik sampling menggunakan sampling jenuh yang mana artinya menggunakan seluruh populasi dijadikan sampel dengan rancangan dua kelompok kelas yaitu kelas IV A sebagai kelas Eksperimen sebanyak 21 siswa dan kelas IV B sebagai kelas kontrol sebanyak 21 siswa. Variabel dalam penelitian ini yaitu variabel bebas adalah pembelajaran berdiferenasi sedangakan untuk variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Hasil penelitian nilai rata-rata pretest siswa kelas IVA sebagai kelas eksperimen sebesar 56,90 dan nilai rata-rata pretest siswa kelas IVB sebagai kelas kontrol sebesar 52. Sedangkan hasil nilai posttest kelas IV A sebagai kelas ekperimen sebesar 81,43 dan nilai posttest siswa kelas IV B sebagai kelas kontrol sebesar 68,57. Dengan demikian dapat diketahui bahw selisih nilai posttest kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol yaitu 81,43 > 68,57. Berdasarkan uji independent sampel t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,004 < 0,05 maka berdasarkan data pengambilan keputusan dalam uji independent sampel t-test dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat diterik kesimpulan bahwa ada perbedaan/selisih yang signifikan (nyata) antara rata-rata hasil belajar IPAS kelas ekperimen dengan kelas kontrol, yang bearti bahwa midel pembelajaran berdiferensasi efektig dalam meningkatkan Hasil Belajar IPAS siswa kelas IV SDN 77 Rejang Lebong. Kata kunci: Implementasi, model pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil belajar IPAS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
SEPTI ADE, TIANSIseptiansi.mhs@iaincurup.ac.id
Baryanto, Baryantobaryanto@iaincurup.ac.id
Putrajaya, Gunturgunturcikaman@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 13 Aug 2024 07:39
Last Modified: 13 Aug 2024 07:39
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7312

Actions (login required)

View Item View Item