Implementasi Metode Outdoor Learning Process (Olp) Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas Iv SDN 32 Rejang Lebong

DEVITA, LESTARI and Susilawati, Susilawati and Febriansyah, Febriansyah (2024) Implementasi Metode Outdoor Learning Process (Olp) Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas Iv SDN 32 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
SKRIPSI DEVIii (1).pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK DEVITA LESTARI, NIM.20591046,“Implementasi Metode Outdoor Learning Process (OLP) Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas IV SDN 32 Rejang Lebong”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penerapan pembelajaran yang berpusat pada sumber belajar seperti buku pelajaran cenderung monoton, kaku dan membosankan. Siswa tidak memiliki motivasi dalam pengalaman belajar melihat sumber belajar dan metode pembelajaran yang terbatas. Hal ini disebabkan karena kurangnya inofasi dalam penggunaan metode pembelajaran ketika pembelajaran berlangsung proses pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Sehingga dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung masih belum maksimal dan kurang efektif.Penelitian ini bertujuan untuk:1) Untuk mengetahui implementasi Metode Outdoor Learning process (OLP) melalui pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar siswa kelas IV SDN 32 Rejang Lebong.2)Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi Metode Outdoor Learning Process (OLP) Melalui pemanfaatan Lingkungan sekitar sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPAS siswa kelas IV SDN 32 Rejang Lebong.3)Untuk mengetahui pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPAS siswa kelas IV SDN 32 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif. Subjek Penelitian ini adalah Guru kelas IV dan Kepala Sekolah SDN 32 Rejang Lebong. Adapun tekhnik pengumpulan data yang digunakan berupa, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1)Pelaksanaan proses pembelajaran outdoor learning process(OLP) melalui pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar siswa di SDN 32 Rejang Lebong telah berjalan dengan baik dan efektif.2)Faktor pendukung pelaksanaan proses pembelajaran outdoor learning process (OLP) melalui pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar adalah kesiapan guru dalam menyiapkan bahan ajar dan kesiapan siswa menghadapi pembelajaran outdoor,di sisi lain faktor penghambat proses pembelajaran diluar ruangan adalah kondisi cuaca dan iklim yang sewaktu-waktu dapat berubah menyesuaikan diri dengan keadaan. 3)Pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar sangat dimanfaatkan di sekolah dasar melalui pemanfaatan tanaman TOGA (Tanaman obat keluarga). Kata Kunci :Metode Outdoor Learning Process (OLP),Lingkungan sekitar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
DEVITA, LESTARIdevitalestari.mhs@iaincurup.ac.id
Susilawati, Susilawatisusilawati@iaincurup.ac.id
Febriansyah, Febriansyahfebriansyah@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 12 Aug 2024 08:50
Last Modified: 12 Aug 2024 08:50
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7311

Actions (login required)

View Item View Item