Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Google Sites Pada Materi Siklus Air Kelas V di Sdn 58 Rejang Lebong

Zeintia, Zeintia and Ratnawati, Ratnawati and Putra, Muksal Mina (2024) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Google Sites Pada Materi Siklus Air Kelas V di Sdn 58 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI_ZEINTIA_20591218_RnD.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan terhadap peserta didik kelas V SDN 58 Rejang Lebong, penelitian ini bertujuan untuk ; 1) Untuk mendapatkan gambaran kebutuhan dalam pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Google sites pada materi siklus air kelas V di SDN 58 Rejang Lebong.; 2) Untuk mengetahui susunan Multimedia Interaktif berbasis Google sites pada materi siklus air kelas V di SDN 58 Rejang Lebong; 3) Untuk menilai keandalan Multimedia Interaktif berbasis Google sites pada materi siklus air sehingga dapat digunakan sebagai sumber/media pembelajaran di dalam kelas V di SDN 58 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, yang terdiri dari empat tahap: define, design, develop, dan disseminate. Namun, penelitian ini hanya mencakup tiga tahap pertama (3D). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 58 Rejang Lebong tahun ajaran 2023/2024. Produk multimedia interaktif berbasis Google Sites ini divalidasi oleh dua validator, yaitu validator media dan validator materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kebutuhan pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Google sites pada materi Siklus Air sangat dibutuhkan dalam menumbuhkan minat belajar peserta didik sehingga bisa meningkatkan hasil belajar; 2) Sususan atau rancangan pada Multimedia Interaktif berbasis Google Sites sudah pada tahap akhir yaitu tahap uji coba lapangan dalam kelompok kecil. Rancangan Multimedia Interaktif berbasis Google sites berbentuk Website atau link; 3) Validitas dan kepraktisan multimedia interaktif berbasis Google Sites yang dikembangkan telah terbukti valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah. Ini dibuktikan dengan nilai yang cukup tinggi yang diberikan oleh para validator, serta berdasarkan hasil perhitungan rata-rata dari nilai N-Gain Score menunjukkan nilai sebesar 0,75, di mana nilai tersebut lebih besar dari 0,7, berarti termasuk dalam kriteria tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Zeintia, Zeintiazeintia.mhs@iaincurup.ac.id
Ratnawati, Ratnawatiratnawati@iaincurup.ac.id
Putra, Muksal Minamuksalminaputra@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 12 Aug 2024 02:16
Last Modified: 12 Aug 2024 02:16
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7303

Actions (login required)

View Item View Item