Pengaruh Viral Marketing dan Kualitas Produk Dengan Label Halal Sebagai Variabel Moderating Terhadap Keputusan Pembelian Skintific

Khatifa, Husnul and Arifin, Rahman and Fitmawati, Fitmawati (2024) Pengaruh Viral Marketing dan Kualitas Produk Dengan Label Halal Sebagai Variabel Moderating Terhadap Keputusan Pembelian Skintific. Sarjana thesis, INSTIITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text (PENGARUH VIRAL MARKETING DAN KUALITAS PRODUK DENGAN LABEL HALAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINTIFIC)
full text.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Abstrak Di era digital, viral marketing menjadi strategi pemasaran populer untuk meningkatkan brand awareness dan mendorong keputusan pembelian. Kualitasproduk pun menjadi salah satu faktor utama dalam meningkatkan pembelian.Label halal juga menjadi pertimbangan penting bagi konsumen Muslim. Penelitian ini menganalisis pengaruh viral marketing dan kualitas produk denganlabel halal sebagai terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis survey.Metode pengambilan non-probability sampling disebut purposive sampling. Datayang dikumpulkan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa/I program studi ekonomi syariah dan sampel dalam penelitian iniadalah 54 responden dari mahasiswa program studi ekonomi syariah yang sesuaidengan karakteristik yang telah ditentukan. Instrumen penelitian ini menggunakan aplikasi smartPLS 4.0. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa nilai P-Value 0.064 (>0.05),serta T-statistic yang menunjukkan angka 1.696 (< T-tabel 1.852), sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa viral marketing(X1) tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian (Y) produk skintific. Nilai P-Value 0.023 (< 0.05), serta T-statistic yang menunjukkan angka 2.268 (> T-tabel 1.852), sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas produk (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian (Y) produk skintific. Nilai P-Value 0.722 (> 0.05), serta T-statistic yang menunjukkan angka 0.356 (< Ttabel 1.852), sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa label halal (Z) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian (Y) produk skintific. Nilai P-Value 0.754 (> 0.05), serta T statistic yang menunjukkan angka 0.313 (< Ttabel 1.852), sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa label halal (Z) belum mampu memoderasi viral marketing (X1) terhadap Keputusan pembelian (Y) produk skintific. nilai P-Value 0.874 (> 0.05), serta T-statistic yang menunjukkan angka 0.159 (< T-tabel 1.852), sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa label halal (Z) belum mampu memoderasi kualitas produk (X2) terhadap Keputusan pembelian(Y) produk skintific. Kata kunci : Viral Marketing, Kualitas Produk, Label Halal, KeputusanPembelian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Khatifa, Husnulhusnul.mhs@iaincurup.ac.id
Arifin, Rahmanrahmanarifin060606@gmail.com
Fitmawati, Fitmawatifitmawati@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: akun6 akun6
Date Deposited: 12 Aug 2024 01:58
Last Modified: 12 Aug 2024 03:12
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7301

Actions (login required)

View Item View Item