Pengaruh Pelatihan Pasar Modal, Pengetahuan, dan Bandwagon Effect Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Saham Syariah

Monika, Pina and Yustati, Herlina and Hendrianto, Hendrianto (2024) Pengaruh Pelatihan Pasar Modal, Pengetahuan, dan Bandwagon Effect Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Saham Syariah. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

[img] Text (PENGARUH PELATIHAN PASAR MODAL, PENGETAHUAN, DAN BANDWAGON EFFECT TERHADAP MINAT MAHASISWA BERINVESTASI SAHAM SYARIAH)
full text.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Pelatihan pasar modal merupakan salah satu strategi dalam mempromosikan produknya seperti halnya sosialisasi dari sekuritas dan pihak Bursa Efek Indonesia Perwakilan Bengkulu. Aplikasi investasi yang berkembang pesat membuat investor lebih mudah dan cepat untuk melakukan transaksi investasi. Sumber pengetahuan yang tersebar luas baik dari internet maupun lingkungan kampus IAIN Curup. Namun faktanya mahasiswa ekonomi syariah yang sudah membuka akun investasi hanya ada beberapa yang berinvestasi di pasar modal syariah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pelatihan pasar modal, pengetahuan dan bandwagon effect terhadap minat mahasiswa dalam membuka akun investasi di pasar modal syariah. Metode penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif, sumber data primer berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa/i Ekonomi Syariah angkatan (2019-2020) IAIN Curup yang berjumlah 84 dan sampel yang diambil berdasarkan tabel isaac dan michel dengan tingkat kesalahan 5%. Alat bantu untuk analisis data menggunakan IBM SPSS version 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji t pelatihan pasar modal (X1) t hitung 2,285 lebih besar dari ttabel 1,664 (2,285 > 1,664) dengan nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 (0,025 < 0,05) hal ini menunjukkan variabel pelatihan pasar modal (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi (Y). pengetahuan (X2) thitung 1,835 lebih besar dari ttabel 1,664(1,835 > 1,664) dengan nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,070 < 0,05) hal ini menunjukkan variabel pengetahuan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi (Y). bandwagon effect (X3) thitung 7,108 lebih besar dari ttabel 1,1664 (7.108 < 1,1664) dengan nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 XII(0,000 < 0,05) hal ini menunjukkan variabel bandwagon effect (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi (Y). Uji f menunjukkan bahwa nilai f hitung = 20.289 > ftabel = 2,723, dengan signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti pelatihan pasar modal (X1), pengetahuan (X2), dan bandwagon effect (X3) secara bersama sama berpengaruh terhadap minat investasi (Y). Kata Kunci : pelatihan pasar modal, pengetahuan, bandwagon effect dan minat investasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Monika, Pinapina.mhs@iaincurup.ac.id
Yustati, Herlinaherlina.yustati@email.uinfasbengkulu.ac.id
Hendrianto, Hendriantohendrianto@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 12 Aug 2024 03:28
Last Modified: 13 Aug 2024 01:39
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7294

Actions (login required)

View Item View Item