Pengaruh Fitur Shopee Paylater dan Perilaku Impulse Buying Terhadap Sikap Tabzir Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah

Fithratul’uyun, Shabilla and Khudori, Khairul Umam and Hendrianto, Hendrianto (2024) Pengaruh Fitur Shopee Paylater dan Perilaku Impulse Buying Terhadap Sikap Tabzir Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah. Sarjana thesis, InstitutAgama Islam Negeri (IAIN) Curup.

[img] Text (PENGARUH FITUR SHOPEE PAYLATER DAN PERILAKU IMPULSE BUYING TERHADAP SIKAP TABZIR PADA MAHASISWA EKONOMI SYARIAH)
full text.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, penerapan kemajuan teknologi yang biasa digunakan untuk menunjang sistem penjualan yaitu e-commerce. Dengan adanya pembayaran shopee paylater, konsumen menjadi lebih praktis dalam berbelanja online tetapi hal ini dapat menyebabkan konsumen terutama dikalangan mahasiswa berprilaku impulse buying sehingga mereka cenderung bersikap boros (tabzir). Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sumber data primer berupa kuesioner. Populasi sebanyak 184 mahasiswa ekonomi syariah yang berasal dari angkatan 2021-2023, teknik sampel yang digunakan yaitu purposive sampling sebanyak 56 mahasiswa. Analisis regresi berganda digunakan untuk menganalisis data. Uji statistik meliputi uji t, serta uji f. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji t fitur shopee paylater (X1) apabila thitung 1,687 lebih besar dari ttabel 1,674 (1,687 > 1,674) dengan nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 (0,097 < 0,05) hal ini menunjukkan variabel fitur shopee paylater (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap tabzir (Y). Perilaku impulse buying (X2) apabila thitung 2,437 lebih besar dari ttabel 1,674 (2,437 > 1,674) dengan nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,018 < 0,05) hal ini menunjukkan variabel perilaku impulse buying (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap tabzir (Y). Uji f menunjukkan bahwa nilai fhitung =3,618 > Ftabel = 3,172, dengan signifikansi 0,034 < 0,05, yang berarti fitur shopee paylater (X1), dan Perilaku impulse buying (X2), secara bersama – sama berpengaruh terhadap sikap tabzir (Y). Kata Kunci : Fitur Shopee Paylater, Perilaku Impulse Buying, dan Sikap Tabzir.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Fithratul’uyun, Shabillashabilla.mhs@iaincurup.ac.id
Khudori, Khairul Umamumamkhairulkhudori@gmail.com
Hendrianto, Hendriantohendrianto@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 09 Aug 2024 08:47
Last Modified: 09 Aug 2024 08:47
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7293

Actions (login required)

View Item View Item