Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Kipin School 4.0 Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa Kelas IV di Sekolah Dasar

FERNANDO, FERDIS and Fathurrochman, Irwan and Yunita Putri, Rizki (2024) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Kipin School 4.0 Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa Kelas IV di Sekolah Dasar. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
Ferdis Fernando .pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Ferdis Fernando NIM.20591072 ‘’Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Kipin School 4.0 Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas IV Di Sekolah Dasar.’’ Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Siswa tidak tertarik dengan pelajaran, tidak memperhatikan guru saat belajar, cepat bosan, sering mengeluh ketika diberikan tugas, dan bermain saat pelajaran berlangsung adalah semua faktor yang mendorong penelitian ini. Karena itu, media pembelajaran yang tepat diperlukan untuk menerapkannya. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) untuk mengetahui bagaimana pengaruh aplikasi kipin school 4.0 terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV di SDN 77 Rejang Lebong; 2) untuk mengetahui apakah penggunaan aplikasi kipin school 4.0 pada mata pelajaran IPA berdampak pada motivasi belajar siswa di kelas IV di SDN 77 Rejang Lebong. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Jenis quasi eksperimental yang dirancang dengan menggunakan rancangan grup kontrol yang tidak setara untuk desain. Penelitian ini menggunakan metode kuisoner untuk pengumpulan data dan dokumentasi. Selain itu, analisis data mencakup uji homogenitas, uji normalitas, dan hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Siswa yang diajar melalui aplikasi Kipin School 4.0 memiliki motivasi belajar yang signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar melalui metode konvensional. Ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata hasil pre-test dan post-test kelas kontrol dalam eksperimen. 2) Berdasarkan hasil uji independen, sampel t-test yang diberikan kepada siswa menunjukkan hasil yang lebih baik. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Aplikasi Kipin School 4.0, Motivasi Belajar, IPA

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
FERNANDO, FERDISferdis.mhs@iaincurup.ac.id
Fathurrochman, Irwanirwan@iaincurup.co.id
Yunita Putri, Rizkirizkiyunitaputri@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 09 Aug 2024 02:36
Last Modified: 09 Aug 2024 02:36
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7288

Actions (login required)

View Item View Item