Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Muatan Lokal Kaganga Kelas IV Di SDN 18 Rejang Lebong

Azizah, Atiek and Siswanto, Siswanto and Bahri, Syaiful (2024) Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Muatan Lokal Kaganga Kelas IV Di SDN 18 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Muatan Lokal Kaganga Kelas IV di SDN 18 Rejang Le.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih kurangnya pemahaman siswa tentang budaya daerah khususnya pada tulisan kaganga, masih banyak siswa yang tidak mengerti dalam menuliskan huruf kaganga. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran muatan lokal kaganga kelas IV Di SDN 18 Rejang Lebong. 2) mengetahui faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran muatan lokal kaganga kelas IV Di SDN 18 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SDN 18 Rejang Lebong. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran muatan lokal kaganga dan siswa kelas IV. Teknik pengumpulan penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik, serta waktu. Dan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan siswa pada mata pelajaran muatan lokal kaganga adalah kurang bisa dalam berbahasa rejang, kurang paham mengenai tanda baca huruf kaganga. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran muatan lokal kaganga di kelas IV yaitu 1) faktor yang berasal dari dalam diri sendiri yaitu peserta didik yang motivasi belajar rendah, peserta didik tidak memerhatikan penjelasan guru, dan kurangnya ketertarikan peserta didik dalam belajar, 2) faktor dari luar yaitu dari lingkungan kelas dari teman yang ketertarikan dalam belajar rendah dan ketidak biasaan peserta didik dalam berbahasa rejang, faktor dari lingkungan rumah yaitu suasana rumah yang tidak pernah berbahasa rejang dan berkomunikasi dalam bahasa rejang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Azizah, Atiekatiek.mhs@iaincurup.ac.id
Siswanto, Siswantosiswanto@iaincurup.ac.id
Bahri, Syaifulsyaiful@iain.curup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun6 akun6
Date Deposited: 08 Aug 2024 07:49
Last Modified: 13 Aug 2024 08:02
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7287

Actions (login required)

View Item View Item