Strategi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dalam Meningkatkan Motor Ability (Kemampuan Gerak) pada Siswa Kelas IV SDN 50 Rejang Lebong

Masudi, Masudi and Oktori, Agus Riyan and Humaira, Anisya (2024) Strategi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dalam Meningkatkan Motor Ability (Kemampuan Gerak) pada Siswa Kelas IV SDN 50 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Strategi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dalam Meningkatkan Motor Ability (Kemampuan Gerak) Pada Siswa Kelas IV SDN 50 Rejang Lebong.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas 4 SDN 50 Rejang Lebong, penelitian ini bertujuan untuk ; 1) Mengetahui motor ability (kemampuan gerak) siswa kelas 4 SDN 50 Rejang Lebong ; 2) Mengetahui strategi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam meningkatkan motor ability (kemampuan gerak) pada siswa kelas 4 SDN 50 Rejang Lebong ; 3) Mengetahui kendala guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam meningkatkan motor ability (kemampuan gerak) siswa kelas 4 SDN 50 Rejang Lebong. ​Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, serta siswa kelas 4A dan 4B. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. ​Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; 1) Motor Ability (kemampuan gerak) yang dimiliki oleh siswa kelas IV SDN 50 Rejang Lebong pada gerak dasar lokomotor, non lokmotor, dan manipulatif berbeda-beda. Hal ini terlihat dari perbedaan hasil tes motor ability (kemampuan gerak) yang dilakukan meliputi kecepatan, kelincahan, koordinasi, dan keseimbangan.; 2) Strategi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam meningkatkan motor ability (kemampuan gerak) siswa adalah dengan meningkatkan motivasi siswa, menggunakan metode permainan, serta berlatih terus-menerus ; 3) Kendala yang dialami oleh guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam meningkatkan motor ability (kemampuan gerak) siswa yakni fasilitas olahraga yang dimiliki oleh sekolah kurang memadai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Masudi, Masudimasudialwi70@gmail.com
Oktori, Agus Riyanagusriyanoktori@iaincurup.ac.id
Humaira, Anisyaanisya.mhs@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun6 akun6
Date Deposited: 08 Aug 2024 07:54
Last Modified: 08 Aug 2024 07:54
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7286

Actions (login required)

View Item View Item