Pengaruh Religiusitas dan Kepribadian Mahasiswa IAIN Curup Terhadap Penggunaan Shopee Paylater

Wulan Dari, Sella and Noprizal, Noprizal and Fitmawati, Fitmawati (2024) Pengaruh Religiusitas dan Kepribadian Mahasiswa IAIN Curup Terhadap Penggunaan Shopee Paylater. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
skripsi sella wulan dari.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Shopee paylater merupakan sistem pembayaran “beli sekarang bayar nanti” yang disediakan oleh shopee untuk memanjakan penggunanya. Namun metode pembayaran paylater ini memiliki beberapa dampak negatif seperti adanya tambahan biaya cicilan, denda keterlambatan. Hal ini belum bisa diimbangi dengan kamampuan finansial masyarakat sehingga muncul sistem layanan paylater untuk pengajuan cicilan. Perilaku seseorang dalam mengkonsumsi sesuatu bisa dipengaruhi oleh banyak faktor yaitu religiusitas dan kepribadian. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh religiusitas dan kepribadian mahasiswa IAIN Curup terhadap penggunaan shopee paylater. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah mahasiswa perbankan syariah angkatan 2020-2021. Ukuran sampel berjumlah 28 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling dan menggunakan rumus slovin. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder, data primer merupakan data yang didapatkan secara langsung seperti kuesioner dan dokumentasi sedangkan data sekunder adalah data yang didapatkan secara tidak langsung seperti jurnal, buku, artikel dan situs web. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Untuk Teknik Analisa atau pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS 29. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji t, variabel religiusitas sebesar 1.105 dengan nilai signifikan sebesar 0.280 > 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa religiusitas tidak memiliki pengaruh atau berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap penggunaan shopee paylater. Variabel Kepribadian sebesar 5.012 dengan nilai signifikan sebesar 0.000 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa kepribadian memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan shopee paylater. Sedangkan hasil uji f variabel religiusitas dan kepribadian sebesar 13.703 dengan nilai signifikan 0.000 < 0.05 maka secara simultan variabel religiusitas dan kepribadian berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan shopee paylater.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Wulan Dari, Sellasellawulandari.mhs@iaincurup.ac.id
Noprizal, NoprizalNoprizal@gmail.com
Fitmawati, Fitmawatifitmawati@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 08 Aug 2024 07:57
Last Modified: 08 Aug 2024 07:57
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7285

Actions (login required)

View Item View Item