Persepsi Masyarakat Kelurahan Tempel Rejo Terhadap Penggunaan Produk Tabungan IB Hijrah Haji pada Bank Muamalat KCP Curup

Safitri, Jun and Khudhori, Khairul Umam and Andriko, Andriko (2024) Persepsi Masyarakat Kelurahan Tempel Rejo Terhadap Penggunaan Produk Tabungan IB Hijrah Haji pada Bank Muamalat KCP Curup. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
JUN SAFITRI (19631051).pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Persepsi tentang Produk tabungan Ib Hijrah Haji merupakan tingkat pengetahuan dan pemahaman masyarakat, serta bagaimana tanggapan masyarakat mengenai produk tabungan Ib Hijrah Haji Bank Muamalat yang didasarkan pada aspek informasi mengenai manfaat yang diperoleh dari produk Bank Muamalat itu sendiri. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif, adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melakukan wawancara langsung dengan informan yang dianggap dapat memberikan informasi mengenai masalah yang diteliti. Dalam menganalisis data pada penelitian ini peneliti menggunakan dua jenis data yaitu data primer yang bersumber langsung dari informan penelitian, dan data skunder adalah data yang didapat melalui pengolahan data yang bersifat studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi Masyarakat Kelurahan Tempel Rejo yang menggunakan produk tabungan Ib Hijrah Haji mengetahui produk dari membaca media online maupun dari orang lain yang menyampaikan, hanya beberapa nasabah yang memang menggunakan produk tabungan Ib Hijrah Haji ini karena kemauan dan minat diri sendiri. Masyarakat juga mempersepsikan bahwa produk tabungan Ib Hijrah Haji ini dapat lebih membantu dalam transaksi pembayaran haji, serta jika uang sudah terkumpul maka nasabah akan segera mendapatkan porsi hajinya. Nasabah juga mendapatkan banyak manfaat mulai dengan adanya kemudahan dalam menabung, lebih amanah, lebih aman dan terjamin ke Syariahan nya. Adapun faktor internal yang mempengaruhi penggunaan produk tabungan IB hijrah haji Bank Muamalat ini yaitu, faktor fisiologis, faktor perhatian, faktor minat, faktor kebutuhan yang searah, faktor pengalaman, dan faktor suasana hati.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Safitri, Junjun.mhs@iaincurup.ac.id
Khudhori, Khairul Umamkhairulumamkhudhori@gmail.com
Andriko, Andrikoandriko@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
L Education
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: akun10 akun10
Date Deposited: 06 Aug 2024 04:02
Last Modified: 06 Aug 2024 04:38
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7245

Actions (login required)

View Item View Item