Strategi Pemasaran Biro Umrah dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Calon Jamaah Umrah Pada Travel Rizkia Bengkulu

Misna Wati, Misna Wati and Ratnawati, Ratnawati and Fitmawati, Fitmawati (2024) Strategi Pemasaran Biro Umrah dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Calon Jamaah Umrah Pada Travel Rizkia Bengkulu. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
COVER_merged (1).pdf

Download (8MB)

Abstract

Pelaksanaan ibadah umrah saat ini bukan hanya sekedar ritual ibadah saja tetapi sudah menjadi lifestyle, eksistensi diri dan komoditas industri. Terjadinya pergeseran makna umrah ini menjadikan umrah sebagai komoditas pasar yang banyak di tawarkan oleh berbagai perusahaan jasa penyelenggara umrah baik yang berskala nasional maupun lokal salah satunya yaitu Travel Rizkia Bengkulu. Travel Rizkia Bengkulu merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penyelenggaraan ibadah umrah yang telah berizin dari Kementerian Agama RI untuk memberangkatkan duyufurrahman ke tanah suci. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan kendala strategi pemasaran biro umrah dalam upaya meningkatkan jumlah calon jamaah umrah pada travel Rizkia Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa strategi pemasaran produk umroh dalam meningkatkan jumlah jamaah travel Rizkia Bengkulu adalah strategi bauran pemasaran (marketing mix) 7p yang meliputi product (produk), price (harga), promotion (promosi), place (tempat), people (orang), process (proses) serta physical evidence (sarana fisik). Adapun kendala strategi pemasaran biro umrah dalam upaya meningkatkan jumlah calon jamaah umrah pada travel Rizkia Bengkulu yaitu semakin banyak biro penyelenggara haji dan umrah maka semakin ketat juga persaingan antar perusahaan. Dalam promosi secara offline kendala yang dihadapi yaitu jangankauannya yang tidak begitu luas adapun kendala dalam promosi secara online yaitu kendala sinyal yang tidak memadai di beberapa daerah, kurangnya kepercayaan masyarakat, serta kurangnya pemahaman calon jamaah umrah mengenai produk yang akan ditawarkan serta ketidak luasaan dalam menjelaskan produk yang ditawarkan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Misna Wati, Misna Watimisna.mhs@iaincurup.ac.id
Ratnawati, Ratnawatiratnawati@iaincurup.ac.id
Fitmawati, Fitmawatifitmawati@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 02 Aug 2024 07:56
Last Modified: 19 Aug 2024 02:13
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7221

Actions (login required)

View Item View Item