Analisis Dampak Financial Technology (Fintech) Terhadap Kualitas Pelayanan Karyawan pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Curup

Sintia Oktavia, Sintia and Istan, Muhammad and Andriko, Andriko (2024) Analisis Dampak Financial Technology (Fintech) Terhadap Kualitas Pelayanan Karyawan pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Curup. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
SINTIA OKTAVIA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya penggunaan Financial Technology (Fintech). Fintech ini memiliki dampak pada kualitas pelayanan karyawan. Hal ini bisa dilihat dari hasil perbandingan sebelum dan sesudah menggunakan fintech ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan karyawan pada Bank Syariah Indonesia sebelum adanya financial teknologi (fintech) dan dampak yang dirasakan karyawan dengan adanya financial teknologi (fintech) terhadap kualitas pelayanan karyawan pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Curup. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field reseach) dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah pimpinan, 14 karyawan dan Nasabah pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Curup. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan bantuan Aplikasi NVivo 14 Pro dengan proses analisis data secara 4 tahap yaitu: Import data, coding data, visualisasi data dan ekstrak data. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa sebelum hadirnya Fintech kualitas pelayanan karyawan belum berjalan secara efektif. Ini dilihat dari hasil oleh data NVivo sebelum ada Fintech dimana kualitas pelayanan karyawan pada BSI Kantor Cabang Curup memiliki nilai indikator ketepatan waktu sebesar 2,09%, nilai indikator kualitas sebesar 1,22%, nilai indikator kuantitas sebesar 0,71%, nilai indikator kemandirian sebesar 0,38% dan nilai indikator efektivitas sebesar 0,36% yang disebabkan beberapa kendala seperti keterbatasan waktu dalam memberikan pelayanan terhadap nasabah. Disisi lain, setelah adanya Fintech Kualitas pelayanan karyawan menjadi cepat dan efektif dalam melakukan pekerjaan nya, ini dilihat dari hasil olah data NVivo setelah ada fintech dimana kualitas pelayanan karyawan pada BSI Kantor Cabang Curup memiliki nilai indikator ketepatan waktu sebesar 2,13%, nilai indikator kualitas sebesar 2,62%, nilai indikator kuantitas sebesar 2,30%, nilai indikator kemandirian sebesar 6,20% dan nilai indikator efektivitas sebesar 7,99%. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat dampak positif penggunaan financial technology (Fintech) terhadap kualitas pelayanan karyawan pada BSI di Kantor Cabang Curup. Kata kunci: Fintech,Kualitas Pelayanan Karyawan, Bank BSI

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sintia Oktavia, Sintiasintia.mhs@iaincurup.ac.id
Istan, MuhammadIstanmuhammad1975@gmail.com
Andriko, Andrikoandriko@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 02 Aug 2024 03:10
Last Modified: 19 Aug 2024 02:18
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7218

Actions (login required)

View Item View Item