Pemanfaatan Proyek Peguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Kurikulum Merdeka Dalam Mengembangkan Social Skill pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Rejang Lebong

TRI REJEKI, EVITA and Susilawati, Susilawati and Febriansyah, Febriansyah (2024) Pemanfaatan Proyek Peguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Kurikulum Merdeka Dalam Mengembangkan Social Skill pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
skripsi evitt fiks jilidd 1111.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari penerapan kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan menerapkan dimensi keterampilan sosial dalam suatu project. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan social skill pasa siswa kelas IV di SD Negeri 1 Rejang Lebong. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan tipe penelitian lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Waka Kurikulum, dan Guru Kelas. Teknik analisis data yang peneliti lakukan melalui tiga tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pertama bentuk pemanfaatan kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SD Negeri 1 Rejang Lebong dinamakan TOAS LAMPIT atau singkatan dari Tanaman Obat di Lahan Sempit yang menerapkan 2 dimensi profil pelajar pancasila yaitu: 1) Berakhlak Mulia, dan 2) Bergotong royong. Kedua keterampilan sosial (social skill) yang mengalami perkembangan pada siswa kelas IV dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) TOAS LAMPIT pada dimensi bergotong royong yang meliputi: keterampilan berkomunikasi berupa keterampilan berbicara, mendengar, dan berbagi informasi; keterampilan kolaborasi berupa siswa terlibat secara aktif dalam proses kolaboratif dan menciptakan atmosfir belajar bersama; keterampilan empati berupa kesadaran akan hak-hak siswa lain, memahami dan menghargai pendapat orang lain; keterampilan interpersonal berupa membangun hubungan interpersonal yang positif dan saling menghormati; dan keterampilan pengelolaan berupa pengelolaan konfilk yang terjadi di dalam kegiatan proyek. Kata kunci: kurikulum merdeka, proyek penguatan profil pelajar pancasila, social skill

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
TRI REJEKI, EVITAevita.mhs@iaincurup.ac.id
Susilawati, Susilawatisusilawati@iaincurup.ac.id
Febriansyah, Febriansyahfebriansyah@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 02 Aug 2024 08:04
Last Modified: 19 Aug 2024 02:28
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7208

Actions (login required)

View Item View Item