Penerapan Metode Kontekstual Pada Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa SMP N 5 Rejang Lebong

Rahma, Putri and Murniyanto, Murniyanto and Khair, Ummul (2024) Penerapan Metode Kontekstual Pada Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa SMP N 5 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Full Tekss.pdf

Download (8MB)

Abstract

Metode kontekstual adalah metode pembelajaran yang memudahkan siswa dalam memperluas konteks pemikiran peserta didik untuk hal yang bermakna, mulai dari pengetahuan awal siswa tentang pembelajaran yang dipelajari hingga pengalaman dan masalah kehidupan nyata peserta didik itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dalam penerapan metode kontekstual pada keterampilan menulis teks deskripsi siswa SMP N 5 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif experimen One Group Pretest-Postest Design dikelas VII B. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes keterampilan menulis teks deskripsi dan nilai tersebut dijadikan. sebagai nilai postest, untuk diuji secara statistika melalui syarat uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik statistika deskriptif, berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan. metode kontekstual efektif pada keterampilan menulis teks deskripsi siswa SMP N 5 Rejang. Hasil penelitian: (1). Penerapan metode kontekstual pada keterampilan menulis teks deskripsi siswa SMP N 5 Rejang Lebong mendapatkan nilai keltelrampilan melnulis pretest siswa dari data hasil N 28, Rata-rata 59,29 dengan standar deviasi 6,194, diberikan perlakuan dengan postest yang mendapatkan nilai rata-rata 85,18 dan standar delviasi 7,635 mengalami peningkatan sebesar 25,89. (2) Keefektifan dalam penerapan metode kontekstual pada keterampilan menulis teks deskripsi siswa SMP N 5 Rejang Lebong berdasarkan tahapan dan disimpulkan bahwa tahapan pertama dapat dilihat dari Kolmogrov-Smirnov, diperoleh signifikan data selbelsar 0,053>0,05. Data tersebut mempunyai selisih 0,112 maka dari data tesebut terdistribusi normal. Dilihat pada hasil analisis hipotesis mendapatkan sig (2-tailed) yaitu 0,00. One tailed adalah pengujian satu arah, maka dapat dikatakan bahwa 0,00 0,05. Maka Ha diterima Ho ditolak, maka metode kontekstual memiliki keefektifan dalam keterampilan menulis teks deskripsi. Kata Kunci: Metode Kontekstual, Keterampilan menulis, Teks Deskripsi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Rahma, Putriputri.mhs@iaincurup.ac.id
Murniyanto, Murniyantoyantomurni.65@gmail.com
Khair, Ummulummulkhair1213@gmail.com
Subjects: L Education
L Education > LA History of education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 01 Aug 2024 08:43
Last Modified: 01 Aug 2024 08:43
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7201

Actions (login required)

View Item View Item