MELANDRI, RIMA and Arbani, Wiwin and Mina Putra, Muksal (2024) Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V MIM 10 Karang Anyar Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
Text
Skripsi Rima Melandri kaset.pdf - Accepted Version Download (6MB) |
Abstract
Berdasarkan latar belakang penelitian dan tujuan penelitian. Penelitin ini dilakukan kepada siswa kelas V MIM 10 KarangAnyar Rejang Lebong, penelitian ini bertujuan untuk; 1) Bagaimana kemampuan awal siswa hasil belajar IPA ; 2) Apakah pengaruh Metode Tutor Sebaya akan berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasy experimental design dengan mengambil dua kelas yang dijadikan sebagai kelas kontrol dan dijadikan kelas eksperimen, populasi penelitiannya yaitu 44 siswa kelas V MIM 1O Karang Anyar Rejang Lebong, penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi, serta teknik analisis data berupa uji normalits, homogenitas dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) Dari hasil belajar awal siswa dilihat hasil belajar pada mata pelajaran IPA yang masih kurang atau masih dibawah KKM 75 untuk materi siklus air; 2) Perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol, Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya dalam proses pembelajaran IPA pada kelas V, diperoleh rata-rata tes akhir (Posttest) 85 , sedangkan kelas kontrol yang menggunakan metode konvesional diperoleh rata-rata posttest 72. Berdasarkan hasil rata-rata posttest bahwa pembelajaran menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya, memiliki hasil yang baik; Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan sebagai metode pembelajaran tutor sebaya berpengaruh terhadap hasil belajar IPA materi siklus air pada siswa kelas V MIM 10 Karang Anyar Rejang Lebong, berdasarkan hasil uji hipotesis paired sampel t test, diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000<0,005,maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar pretest dan posttest, yang artinya ada pengaruh metode ( variabel X) terhadap hasil belajar (variabel Y) dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V MIM 10 Karang Anyar Rejang Lebong. Kata Kunci : Metode Tutor Sebaya, Hasik Belajar IPA
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun4 akun4 | ||||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2024 04:14 | ||||||||
Last Modified: | 19 Aug 2024 04:16 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7186 |
Actions (login required)
View Item |