Jurdiana,, Jurdiana, and Baryanto, Baryanto and Putrajaya, Guntur (2024) Efektifitas Media Amplop Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Pembelajaran Ipa di Kelas V SDN 32 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
Text
SKRIPSI JURDIANA (1).pdf Download (3MB) |
Abstract
Rendahnya kemampuan kognitif peserta didik kelas V karena pendidik belum menggunakan media pembelajaran yang variatif dalam proses belajar mengajar sehingga pendidik mengalami kesulitan dalam mengajarkan materi tentang suhu dan kalor kepada peserta didik. Materi tersebut ada pada pelajaran IPA kelas V Tema 5 Subtema 1 tentang suhu dan kalor. Guru selama ini menggunakan metode ceramah atau hanya dengan selalu memberikan penjelesan teori dalam mengajarkan materi suhu dan kalor. Penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran sains membuat peserta didik hanya menerima materi melalui komunikasi verbal atau penuturan kata-kata oleh guru, sehingga nantinya membuat peserta didik kurang memahami konsep secara langsung. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa dikelas 5 pada pembelajaran IPA setelah mengajar menggunakan Media amplop bergambar. 2) Untuk mengetahui effektifitas/peningkatan kemampuan kognitif siswa dikelas 5 pada pembelajaran IPA setelah menggunakan Media amplop bergambar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metodologi penelitian metode Pre-eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 32 Rejang Lebong. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 26 siswa.. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan secara acak dan diberikan pretest untuk melihat apakah ada perbedaan keadaan antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Berdasarkan hasil awal kemampuan kognitif anak pada pembelajaran IPA hasil nilai pre-test diperoleh nilai rata-rata sebesar 56,58 dan pada hasil nilai post-test diperoleh nilai 73,04.. 2) Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata nilai post- lebih besar dari nilai pre-test (73,04 > 56,58) menunjukan ada perbedaan rata-rata kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran IPA dikelas V. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan dan terdapat keefektifitasan penggunaan media amplop bergambar terhadap kemampuan kognitif siswa kelas V SDN 32 Rejang Lebong pada pembelajaran IPA. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kemampuan Kognitif, Media Amplop Bergambar
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun4 akun4 | ||||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2024 08:36 | ||||||||
Last Modified: | 19 Aug 2024 04:00 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7184 |
Actions (login required)
View Item |