Efektivitas Pembelajaran Diferensiasi pada Mata Pelajaran Ipas Materi Keanekaragaman Budaya Rejang Lebong Di Kelas IV SD N 01 Rejang Lebong

PUTRI CANTIKA, WANDA and Rahmi Nasution, Aida and Yulizah, Yosi (2024) Efektivitas Pembelajaran Diferensiasi pada Mata Pelajaran Ipas Materi Keanekaragaman Budaya Rejang Lebong Di Kelas IV SD N 01 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
SKRIPSI WANDA PUTRI CANTIKA.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh aspek-aspek diferensiasi dalam kurikulum merdeka belajar belum sepenuhnya dapat mengakomodir beberapa siswa. Oleh karena itu sejauh mana efektivitas diferensiasi pembelajaran maka peneliti ingin mengkaji lebih dalam bagaimana efektivitasnya terutama pada mata pelajaran IPAS dalam materi keanekaragaman budaya Rejang Lebong. Penelitian ini bertujuan untuk:1) Mengetahui proses pembelajaran diferensiasi pada mata pelajaran IPAS SD N 01 Rejang Lebong meningkatkan proses siswa kelas IV. 2) Mengetahui kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam pembelajaran diferensiasi meningkatkan keterampilan proses belajar IPAS siswa kelas IV SD N 01 Rejang Lebong. 3)Mendeskripsikan efektivitas pembelajaran difernsiasi terhadap kemampuan keterampilan siswa kelas IV SD N 01 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif pre eksperimen. Sampel penelitian ini berjumlah 29 orang menggunakan teknik sampling jenuh/sensus. Adapun dalam penelitian ini teknik pengumpulan datanya adalah sebagai berikut: 1) Observasi, 2) Kuesioner dan 3) Dokumentasi. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji realiblitias. Hasil uji validitas berkisar 0,424 sampai dari 20 butir pertanyaan yang di uji semua butir soal dinyatakan valid dengan membandingkan nilai rhitung dengan rtabel. Hasil uji realibilitas 0,910 hal ini menunjukkan nilai yang lebih tinggi dari 0,60 sehingga angket ini reliable atau memiliki interprestasi sangkat kuat dalam mengukur variable. Teknik analisis data dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah uji normalitas dan uji efektivitas (N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan proses pembelajaran diukur dari perbedaan capaian pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak siswa yang tidak memahami perbedaan antara proses pembelajaran yang berbeda. Kegiatan-kegiatan pembelajaran ada satu tujuan yang akan dicapai. Dalam penelitian ini akan melihat bagaimana kegiatan dalam proses pembelajaran diferensiasi dalam meningkatkan proses belajar. Analisis data menunjukkan bahwa rata-rata perbedaan capaian pembelajaran adalah 75,03. Sehingga perbedaan isi, proses, dan produk, pembelajaran dapat membantu meningkatkan proses pembelajaran dan meningkatkan kinerja siswa. Artinya efektivitas pembelajaran diferensiasi pada mata pelajaran IPAS materi keanekaragaman budaya Rejang Lebong kelas IV SD N 01 Rejang Lebong berada pada tingkat tinggi dibuktikan dengan nilai tertinggi 89 dan nilai terendah 65. Kata Kunci: Pembelajaran diferensiasi, Materi IPAS, Keanekaragaman Budaya Rejang Lebong

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
PUTRI CANTIKA, WANDAwanda.mhs@iaincurup.ac.id
Rahmi Nasution, Aidaaidarahminasution@iaincurup.ac.ad
Yulizah, Yosichieyosi@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 01 Aug 2024 08:06
Last Modified: 19 Aug 2024 04:17
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7183

Actions (login required)

View Item View Item