PERMADANI,, SANTI and Zulaiha, Siti and Meldina, Tika (2024) Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka di SDIT Khoiru Ummah Curup Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
Text
SANTI PERMADANI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan dalam paradigma pembelajaran di SDIT Khoiru Ummah Rejang Lebong, yang telah beralih dari Kurikulum 2013 (K13) ke Kurikulum Merdeka. Sebelumnya, pendekatan pembelajaran berdiferensiasi telah diterapkan dalam kerangka Kurikulum 2013. Namun, dengan adopsi Kurikulum Merdeka, terjadi pergeseran signifikan dalam fleksibilitas dan kebebasan bagi sekolah untuk menyesuaikan strategi pembelajaran dengan kebutuhan belajar siswa. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Untuk mengatahui implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka di SDIT Khoiru Ummah Rejang Lebong, (2) Untuk mengatahui faktor penghambat dan faktor pendukung pembelajaran berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka di SDIT Khoiru Ummah Rejang Lebong, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas I dan IV, dan siswa kelas I dan IV di SDIT Khoiru Ummah Rejang Lebong. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tiga tahapan yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan atau pengecekan data di lakukan dengan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka di SDIT Khoiru Ummah Rejang Lebong telah dilaksanakan sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan oleh guru. Penggunaan Kurikulum Merdeka telah memungkinkan adanya adaptasi dalam konten, pengajaran, dan penilaian sesuai dengan kebutuhan individu siswa, (2) Faktor pendukung, yaitu seperti ketersediaan fasilitas yang memadai, dukungan dari pihak administrasi sekolah, dan keterlibatan guru yang aktif kemudian Faktor penghambat yaitu keterbatasan waktu, dan pengetahuan tentang strategi pembelajaran berdiferensiasi. Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi dan Kurikulum Merdeka
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun3 akun3 | ||||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2024 04:05 | ||||||||
Last Modified: | 19 Aug 2024 03:44 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7181 |
Actions (login required)
View Item |