Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Terhadap Kemapuan Berfikir Kritis dan Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Pendiidkan Agama Islam di SMAN 01 Rejang Lebong

Saharani, Ainun and Fakhruddin, Fakhruddin and Apriani, Eka (2024) Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Terhadap Kemapuan Berfikir Kritis dan Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Pendiidkan Agama Islam di SMAN 01 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Ainun Saharani.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dan kratif siswa dalam pembelajaran pendidikan Islam di SMAN 01 Rejang Lebong penerapan model pembelajaran inkuiri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Data dan informasi dikumpulkan melalui bahan pustaka seperti buku, artikel, jurnal, dan hasil penelitian sebelumnya yang relevan dengan masalah yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi dokumen atau studi dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Data primer diperoleh dari informasi yang terkait langsung dengan topik penelitian, sedangkan data sekunder berasal dari studi jurnal yang sejalan dengan topik penelitian. Hasil dan pembahasan penelitian ini meliputi dua aspek utama. Pertama, konsep pembelajaran inkuiri sebagai kerangka pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa. Pembelajaran inkuiri memungkinkan siswa untuk aktif mencari, menemukan, dan membangun pengetahuan melalui proses bertanya, menyelidiki, dan merumuskan penjelasan berdasarkan bukti-bukti yang ada. berpikir kreatif kepada seluruh rangkaian kegiatan kognitif yang digunakan oleh individu di dalam suatu kondisi untuk bereaksi terhadap objek masalah berdasarkan kemampuannya. Keterampilan berpikir kreatif yaitu fluency (kelancaran), flexibility (keluesan), originality (keaslian), dan elaboration (terperinci). Melalui penerapan model pembelajaran inkuiri, siswa diajak untuk berpikir kritis, mengajukan pertanyaan, mengumpulkan data, menganalisis, mengevaluasi, dan menyimpulkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Saharani, Ainunainun.mhs@iaincurup.ac.id
Fakhruddin, Fakhruddinfakhruddin@iaincurup.ac
Apriani, Ekaeka.apriani@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 31 Jul 2024 08:43
Last Modified: 19 Aug 2024 04:31
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7174

Actions (login required)

View Item View Item