Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ipas di Kelas IV SDN 17 Rejang Lebong

RUSTANTI, DINA and Ratnawati, Ratnawati and Oktori, Agus Riyan (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ipas di Kelas IV SDN 17 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
DINA RUSTANTI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Berisikan latar belakang penelitian dan tujuan. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas IV SD Negri 17 Rejang Lebong Salah satu model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar IPAS siswa SDN 17 Rejang Lebong. model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match adalah model pembelajaran mencari pasangan. Setiap siswa mendapat sebuah kartu (bisa soal atau jawaban) lalu secepatnya mencari yag sesuai dengan kartu yang di pegang. tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar IPAS Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Di Kelas IV SDN 17 Rejang Lebong. Berisikan tentang metodologi penelitian ini, penulis melakukan penelitian kuantitatif dengan menggunakan model pre-experimental design tipe one group pretest-posttest (tes awal tes akhir kelompok tunggal), penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas IV dengan jumlah populasi 21 orang. Dalam penelitian ini Teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi. Validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, serta daya pembeda. Teknik analisis data berupa uji normalitas, homogen dan uji one sampel t test. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 2) dari hasil penelitian dari pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN 17 Rejang Lebong terdapat Signifikan terhadap kelas posttest eksperimen sebesar 0,000 < 0,005, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh rata-rata antara hasil belajar pretest dan postest, yang artinya ada pengaruh yang besar dari model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar IPAS siswa di kelas IV SDN 17 Rejang Lebong. Dengan jumlah rata- rata kelas pretest 60,71 eksperimen sedangkan posttest 81,66, Bisa disimpulkan terdapat pengaruh diantara kedua kelompok kelas tersebut Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar pretest dan posttest, yang artinya ada pengaruh terhadap hasil belajar IPAS siswa ( pra-eksperimental) di kelas IV. Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
RUSTANTI, DINAdina.mhs@iaincurup.ac.id
Ratnawati, Ratnawatiratnawati@iaincurup.ac.id
Oktori, Agus Riyanagusriyanoktori@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 31 Jul 2024 08:36
Last Modified: 19 Aug 2024 04:32
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7173

Actions (login required)

View Item View Item