ELPINA, DITA and Ratnawati, Ratnawati and Oktori, Agus Riyan (2024) Pengaruh Metode Struktural Analisis Sintetik (Sas) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan ( Study Pre-Eksperimen Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SDN 06 Ujan Mas ). Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
Text
SKRIPSI DITA ELPINA 20591054.pdf Download (4MB) |
Abstract
Berdasarkan dari hasil observasi awal di SDN 06 Ujan Mas yaitu masih banyak terdapat siswa yang belum mempunyai kemampuan membaca, siswa masih belum bisa menyambung suku kata ke kata, guru hanya mengajarkan membaca menggunakan metode konvensional. penelitian ini bertujuan untuk; mengetahui kemampuan membaca permulaan siswa sebelum menggunakan metode struktural analisis sintetik (SAS), untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan siswa setelah menggunakan metode struktural analisis sintetik (SAS) dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode struktural analisis sintetik (SAS) dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SDN 06 ujan mas. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, pendekatan dalam penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Non-equivalent Control Group Desain. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa, kelas IIA sebanyak 21 siswa sebagai kelas eksperimen dan IIC sebanyak 19 siswa sebagai kelas kontrol. teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa test dan dokumentasi serta teknik analisis data berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ada pengaruh metode Struktural analisis sintetik (SAS) terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SDN 06 Ujan Mas. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata pretest kelas kontrol 43,73 dan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 57,33 dan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata hasil postest kelas eksperimen dan kelas kontrol, hasil nilai rata-rata akhir Postest kelas eksperimen 89,09, sedangkan nilai rata-rata postest kelas kontrol 81,21. Berdasarkan uji hipotesis Independent sampel t test , diketahui nilai data akhir diperoleh yaitu nilai t_hitung =3,016 dengan nilai sig.(2-tailed) bernilai 0,005. Untuk mengetahui nilai distribusi dilihat 〖 t〗_tabel berdasarkan df=38 dengan taraf signifikan α = 0,05 adalah 1,685. Oleh karena itu nilai t_hitung ≥ 〖 t〗_tabel ( 3,016 ≥ 1,685 ) dan sig. ( 2-tailed ) 0,005 ≤ 0,05 . Maka Ho ditolak dan Ha diterima . Artinya hipotesis menyatakan “ Terdapat Pengaruh Metode Struktural Analisis Sintetik (SAS) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN 06 Ujan Mas “ Kata kunci: Metode SAS, Kemampuan Membaca Permulaan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun3 akun3 | ||||||||
Date Deposited: | 31 Jul 2024 08:09 | ||||||||
Last Modified: | 19 Aug 2024 08:00 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7172 |
Actions (login required)
View Item |