lestari, reka amelia and Harmi, Hendra and Noviyenty, Leffi (2024) Analisis Keterampilan 6C Peserta Didik dalam Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 3 Lebong. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
Analisis Keterampilan 6C Peserta Didik dalam Mata pelajaran PAI di SMA Negeri 3 Lebong.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstract
Reka Amelia Lestari. Nim. 22871034, Analisis Keterampilan 6C Peserta Didik dalam Mata Pelajaran Pai di SMA Negeri 3 Lebong, Tesis, Program Pascasarjana IAIN Curup Program Studi Pendidikan Agama Islam (Berbasis Teknologi Pendidikan). Penelitian ini di latar belakangi oleh keterampilan 6C pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 3 Lebong. Permasalahan yang sering terjadi adalah masih ada peserta didik yang masih kurang memahami indikator 6C dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) Untuk mencaritahu cara guru membangun character peserta didik dalam mata pelajaran PAI kelas X di SMAN 3 Lebong. (2) Untuk mencaritahu cara guru menguatkan citizenship peserta didik dalam mata pelajaran PAI kelas X di SMAN 3 Lebong. (3) Untuk mencaritahu cara guru mengembangkan collaboration peserta didik dalam mata pelajaran PAI kelas X di SMAN 3 Lebong. (4) untuk mencaritahu cara guru membangun communication peserta didik dalam mata pelajaran PAI kelas X di SMAN 3 Lebong. (5) Untuk mencaritahu cara guru mengembangkan creativity peserta didik dalam mata pelajaran PAI kelas X di SMAN 3 Lebong. (6) untuk mencaritahu cara guru mengembangkan critical thinking peserta didik dalam mata pelajaran PAI kelas X di SMAN 3 Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 3 Lebong. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, fieldnotedan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing/verification. Kesimpulan dalam penelitian ini keterampilan 6C kelas X di SMA Negeri 3 Lebong, sesuai dengan teori dari Michel Fullan dan Geoff Scott yaitu character, citizenshi, collaboration, communication, creativity, critical thinking, di SMA Negeri 3 Lebong. Pada indikator 6C tersebut peserta didik sudah cukup baik dalam melaksanakan keterampilan 6C dengan diarahkan oleh guru Pendidikan Agama Islam dan dibantu oleh sarana dan prasarana disekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education L Education > LB Theory and practice of education |
||||||||
Divisions: | Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2 | ||||||||
Depositing User: | . Akun 9 | ||||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2024 08:48 | ||||||||
Last Modified: | 19 Aug 2024 08:04 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7171 |
Actions (login required)
View Item |