CICAH NURHIDAYAH, CICAH and Purnama Sari, Dewi and Deriwanto, Deriwanto (2024) Analisis Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’alamin (P5ppra) Dalam Integrasi Capaian Pembelajaran PAI di MAN Rejang Lebong. Masters thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.
Text
TESIS - CICAH NURHIDAYAH PAI 4A 2024.pdf Download (1MB) |
Abstract
Profil pelajar Pancasila di lingkungan madrasah diharapkan dapat ditingkatkan dalam dua aspek yaitu Profil Pelajar Pancasila (P3) dan Profil Pelajar Rahmatan lil'Alamin (PPRA). Masih banyaknya siswa MAN kurang tertarik dan malas dengan kegiatan proyek dan juga masih kurang berkarakter, sehingga Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kegiatan proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’Alamin (P5PPRA), mengetahui integrasi capaian pembelajaran (CP) PAI dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’Alamin (P5PPRA), serta mengetahui implikasi terhadap pengembangan karakter pelajar pancasila dan pelajar rahmatan Lil’alamin di MAN Rejang Lebong. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan pendekatan case study. Teknik analisis data model spiral. Sumber data penelitian ini dari data primer hasil wawancara dengan kepala sekolah, guru tim P5PPRA, dan guru PAI yang terlibat dalam P5PPRA, serta siswa MAN Rejang Lebong, sedangkan data sekunder berupa dokumentasi, SK-SK, modul P5PPRA dan sebagainya. Untuk teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan kriteria kredibilitas dengan cara triangulasi sumber. Dalam penelitian ini teknik analisis data meliputi tiga bagian yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian in bahwa 1). Kegiatan P5PPRA yang telah dilaksanakan di MAN Rejang Lebong yaitu gelar kreasi tari rejang temanya kearifan lokal, membuat poster cegah bullying temanya bangunlah jiwa raga, dan gelar market karya wirausaha temanya kewirausahaan. 2). Integrasi dalam pembelajaran PAI pada kegiatan P5PPRA, yaitu pada Fikih pada CP membiasakan jual beli sesuai aturan fikih muamalah, akidah akhlak pada CP membiasakan akhlak terpuji, mata pelajaran Al Quran Hadis pada CP terbiasa hormat dan patuh pada orang tua, guru dan masyarakat, Sejarah Kebudayaan Islam pada CP mengetaui kebudayaan Islam. 3). Pengembangan karakter pelajar pancasila dan Rahmatan Lil'alamin yang terbentuk antara lain: keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, keberagaman global, gotong royong, kemandirian, nalar kritis serta berkeadaban (taadub), kesetaraan (musawah), toleransi (tasamuh), dinamis dan inovatif (tatthawur wa ibtikar) serta kewarganegaraan dan kebangsaan (muwathanah) Kata Kunci : Proyek P5PPRA, Profil Pelajar Pancasila, Profil Pelajar Rahmatan Lil’Alamin, Capaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education L Education > LB Theory and practice of education |
||||||||
Divisions: | Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2 | ||||||||
Depositing User: | akun3 akun3 | ||||||||
Date Deposited: | 31 Jul 2024 07:59 | ||||||||
Last Modified: | 19 Aug 2024 08:06 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7167 |
Actions (login required)
View Item |