Implementasi Model Project Based Learning dalam Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI (Studi di SDIT Rabbi Radhiyya 01 Rejang Lebong

Atika, Yova and Fakhruddin, Fakhruddin and Wanto, Deri (2024) Implementasi Model Project Based Learning dalam Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI (Studi di SDIT Rabbi Radhiyya 01 Rejang Lebong. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Implementasi Model Project Based Learning dalam Mengambangkan Kreativitas Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI (Studi di SDIT Rabbi Radhiyya 01 Rejang Lebong).pdf

Download (2MB)

Abstract

Mengembangkan kreativitas peserta didik sangat penting dilakukan oleh setiap guru, karena kreativitas peserta didik adalah fondasi dalam pembelajaran yang efektif dan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis implementasi model Project Based Learning dalam mengembangkan kreativitas peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Rabbi Radhiyya 01 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, dua orang guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik kelas IV SDIT Rabbi Radhiyya 01 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu data collection (pengumpulan data), data reduction (Reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion/ verivikasi. Serta uji keabsahan data dilakukan dengan cara menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) implementasi model project based learning pada mata pelajaran PAI. melalui enam sintak (tahapan) yaitu: Dimulai dengan pertanyaan yang essensial (Start with the Essential Question), Perencanaan aturan pengerjaan proyek (Design a Plan for the Project), Membuat jadwal (Create a Schedule), Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the students and the progress of the project), Menguji Hasil (Assess the outcome), Mengevaluasi pengalaman (Evaluate the experience). 2) Kreativitas peserta didik dalam mata pelajaran PAI sudah baik, hal ini terlihat bahwa peserta didik menunjukkan antusiasme dalam mengikuti pembelajaran dan terlibat aktif serta telah mampu mengemukakan pendapat, memberi tanggapan, serta menyimpulkan materi pembelajaran dengan kata-kata mereka sendiri. 3) Pengembangan kreativitas peserta didik dengan menggunakan model project based learning mampu mengembangkan kreativitas peserta didik, hal ini terlihat bahwa dengan model project based learning efektif dalam mengembangkan kreativitas dan pemahaman peserta didik terhadap materi. Para peserta didik menunjukkan antusiasme yang tinggi dan keterlibatan aktif dalam membuat proyek kaligrafi, kegiatan ini memberikan ruang bagi peserta didik untuk mengekspresikan diri, memperlihatkan kreativitas mereka dalam berbagai bentuk dan gaya penulisan kaligrafi. Kemudian peserta didik bisa dalam mengidentifikasi makna dari setiap ayat surah Al-Maun. Hal ini menunjukkan kreativitas dalam berfikir dan pemahaman mendalam terhadap materi. Kata Kunci: Model project based learning, Kreativitas peserta didik, PAI

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Atika, Yovayovaatika@students.iaincurup.ac.id
Fakhruddin, Fakhruddinfakhruddin@iaincurup.ac
Wanto, Derideriwanto@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: akun9 akun9
Date Deposited: 01 Aug 2024 08:54
Last Modified: 19 Aug 2024 08:03
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7164

Actions (login required)

View Item View Item