Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Pendekatan Active Learning Tipe Jigsaw Learning Di Ssekolah Dasar Negeri 171 Rejang Lebong

Monika Putri, Adek and Sutarto, Sutarto and Maryati, Ana (2024) Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Pendekatan Active Learning Tipe Jigsaw Learning Di Ssekolah Dasar Negeri 171 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
fullteks.pdf.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pendekatan Active Learning adalah sebuah strategi yang dirancang untuk membuat peserta didik belajar secara aktif, dalam strategi ini pembelajaran lebih ditekankan pada pengalaman belajar yang melibatkan seluruh indera. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Persiapan guru menggunakan pendekatan active learning tipe jigsaw learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam 2) Untuk mengetahui pelaksanaan pendekatan active learning tipe jigsaw learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam 3) Untuk Mengetahui Evaluasi guru terhadap pendekatan active learning tipe jigsaw learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam dan siswa siswi kelas V SD Negeri 171 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. sumber data skunder dalam penelitian ini antara lain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan dokumentasi. kemudian dianalisis dengan tahapan reduksi data, keabsahan data , mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan ada beberapa persiapan yang digunakan dalam penerapan yaitu mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran beserta media dan bahan ajar yang digunakan untuk tipe jigsaw learning ini. Pelaksanaan pendekatan active learning tipe jigsaw learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam meliputi tiga tahap yakni pendahuluan, kegiatan inti, yang dimana siswa diberi tugas untuk menyelesaikan tugas yang kemudian akan dikerjakan lalu diberi kuis oleh guru, dan penutup. Penerapan pendekatan active learning tipe jigsaw learning berdampak pada keaktifan, kreativitas, motivasi belajar, pemahaman siswa terdahap materi pembelajaran dan juga berdampak terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Monika Putri, Adekadek.monika@students.iaincurup.ac.id
Sutarto, Sutartosutarto@iaincurup.ac.id
Maryati, Anaanamaryati@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 31 Jul 2024 08:42
Last Modified: 19 Aug 2024 08:10
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7160

Actions (login required)

View Item View Item