Pengaruh Model Pembelajaran rRealistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Rejang Lebong

Franzna Paramita, Assavina and Nasution, Aida Rahmi and Yulizah, Yosi (2024) Pengaruh Model Pembelajaran rRealistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI ASSAVINA FRANZNA PARAMITA25.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Model realistic mathematic education merupakan model pembelajaran matematika yang dikaitkan dengan kenyataan atau aktivitas manusia yang tidak hanya sekedar pengetahuan yang sudah ada melainkan siswa dapat menetapkan penggunaan situasi yang dapat dibayangkan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan literasi maternatis siswa kelas IV SD Negeri 4 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group desain. Dalam penelitian ini menggunakan 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa setelah belajar menggunakan RME lebih baik. Dapat dilihat dari data rata- rata kemampuan tes literasi matematis kelas kontrol 72,7 dan kelas eksperimen 77,6. Kemudian dianalisis meggunakan uji-t untuk dua sampel independen. Hal ini terlihat dari nilai ujit didapatkan signifikansi (2tailed) = 0,011 ≤ 0,05 sesuai dengan kriteria uji t tes jika signifikansi (2 tailed) lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak H, diterima. Sehingga, pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berpengaruh positif terhadap kemampuan literasi matematis dan model RME dapat menjadi alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Kemampuan Literasi Matematis, Realistic Mathematics Education (RME)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Franzna Paramita, Assavinaassavina@iaincurup.ac.id
Nasution, Aida Rahmiaidarahminasution@iaincurup.ac.id
Yulizah, Yosichieyosi@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: . Akun 9
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:53
Last Modified: 19 Aug 2024 08:12
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7158

Actions (login required)

View Item View Item