Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Mata Pelajaran IPS dengan Menerapkan Metode Critical Incident di Kelas VA SDN 12 Rejang Lebong

Hendrani, Anggita Isaura and Baryanto, Baryanto and Putri, Rizki Yunita (2024) Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Mata Pelajaran IPS dengan Menerapkan Metode Critical Incident di Kelas VA SDN 12 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
FullText.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui keterampilan berbicara siswa sebelum menerapkan metode Critical Incident pada mata Pelajaran IPS di kelas Va SDN 12 Rejang Lebong dan 2) mengetahui keterampilan berbicara siswa setelah menerapkan metode Critical Incident pada mata Pelajaran IPS di kelas Va SDN 12 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V A SDN 12 Rejang Lebong tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 24 siswa. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan (3) observasi/pengamatan (4) refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) tes, 2) observasi,3) dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tekhnik data deskriptif kuantitatif. Teknik analisis dalam menganalisis data yang berupa angka yang diperoleh dari tugas siswa. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) sebelum menerapkan metode Critical Incident keterampilan berbicara siswa pada mata Pelajaran IPS tdi SDN 12 Rejang Lebong menghadapi berbagai permasalahan dalam pembelajaran yang diakibatkan kurangnya inovasi dan kreativitas guru dalam kegiatan pembelajaran. 2) setelah menerapkan metode Critical Incident pada mata Pelajaran IPS di SDN 12 Rejang Lebong dapat membantu meningkatkan aktivitas pembelajaran dan keterampilan berbicara siswa. Peningkatan aktivitas siswa pada siklus I terlihat dari hasil nilai rata-rata anak pada prasiklus adalah 0,75 meningkat pada siklus I dengan hasil rata-rata anak adalah 1,70. Peningkatan nilai rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 2,45. Selanjutnya peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus III meningkat menjadi 3,08 yang dengan kriteria berkembang sesuai harapan dengan rata-rata penilaian cukup baik. Kata kunci: Metode,Critical Incident, Keterampilan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Hendrani, Anggita Isauraanggita.mhs@iaincurup.ac.id
Baryanto, Baryantobaryanto@iaincurup.ac.id
Putri, Rizki Yunitarizkiyunitaputri@gmail.com
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:40
Last Modified: 31 Jul 2024 03:40
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7149

Actions (login required)

View Item View Item