Setiani, Tri and Putri, Dini Palupi and Irsal, Irni Latifa (2024) Pengaruh Penggunaan Model Active Knowledge Sharing Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
SKRIPSI TRI SETIANI bissmillah new-1-1.pdf Download (11MB) |
Abstract
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di SMA Negeri 6 Kepahiang diketahui dalam pembelajaran matematika siswa kurang mampu menghasilkan gagasan, jawaban dan pertanyaan yang bervariasi, kemampuan berpikir kreaatif matemtis siswa masih rendah, dan model pembelajaran yang digunakan kurang menekankan pada kemampuan berpikir kreatif matematis. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui gambaran kemampuan berpikir kreatif matematis setelah menggunakan model pembelajaran Active Knowledge Sharing (kelas eksperimen) pada pembelajaran matematika. 2) Mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kreatif matematis setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (kelas kontrol) pada pembelajaran matematika. 3) Mengetahui apakah terdapat pengaruh setelah diterapkan model pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa mata pelajaran matematika kelas X di SMA Negeri 6 Kepahiang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian yaitu Pretest-Posttest Control Group Desaign. Populasi dari penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA Negeri 6 Kepahiang. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling dan sampel penelitian yaitu kelas X1 dan X2 Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan berpikir kreatif matematis (pretest dan post-test), observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan Uji-T Paired Sampel T-Test untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Active Knowledge Sharing kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan, 1) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah menggunakan model pembelajaran Active Knowledge Sharing hasil nilai rata-rata pretest yaitu 56,85 dan nilai rata-rata posttest 73,85. 2) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah menggunakan model pembelajaran konvensional/Problem Based Learning hasil nilai rata-rata pretest yaitu 46,15 dan nilai rata-rata posttest yaitu 52,00. 3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa nilai Sig.0,004 < 0,05 yang artinya H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | akun9 akun9 | ||||||||
Date Deposited: | 12 Aug 2024 08:06 | ||||||||
Last Modified: | 14 Aug 2024 08:03 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7137 |
Actions (login required)
View Item |