Pengaruh Karakteristik Konsumen dan Maqashid Syariah Terhadap Pembelian Impulsif Generasi-Z

Prayoga, Hadi and Khudori, Khairul Umam and Fitmawati, Fitmawati (2024) Pengaruh Karakteristik Konsumen dan Maqashid Syariah Terhadap Pembelian Impulsif Generasi-Z. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

[img] Text
fulltext (3).pdf

Download (3MB)

Abstract

Indonesia, dengan wilayah luas dan populasi padat, merupakan rumah bagi berbagai suku, agama, dan bahasa. Islam mendominasi sebagai agama mayoritas di antara enam agama resmi negara ini. Pengaruh agama terhadap perilaku individu, termasuk perilaku pembelian impulsif yang sering dipicu oleh emosi dan strategi pemasaran, telah menjadi fenomena yang signifikan dalam era belanja online yang efisien dan mudah diakses. Generasi Z, yang mendominasi aktivitas belanja online di Indonesia, termasuk dalam temuan penelitian di IAIN Curup yang menunjukkan adanya kecenderungan pembelian impulsif di kalangan mahasiswa Ekonomi Syariah angkatan 2020-2023, dipengaruhi oleh faktor sosial dan tren. Konsep Maqasid Syariah, meskipun mempengaruhi perilaku pembelian impulsif, tidak signifikan dalam pengaruhnya menurut penelitian ini. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode positivisme, memanfaatkan aplikasi SPSS 22 untuk analisis data yang diperoleh melalui kuesioner. Populasi penelitian mencakup mahasiswa Ekonomi Syariah Generasi Z angkatan 2020- 2023, dengan sampel sebanyak 131 orang, yang dianalisis dengan tingkat kesalahan 5%. Metode analisis meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, dan Uji Hipotesis untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian impulsif di konteks tersebut. Penelitian ini menguji pengaruh karakteristik konsumen dan Maqashid Syariah terhadap perilaku pembelian impulsif pada mahasiswa ekonomi syariah. Hasil menunjukkan bahwa karakteristik konsumen (X1) berdampak positif dan signifikan secara parsial terhadap pembelian impulsif (Y), dengan nilai t-hitung sebesar 7.823 lebih besar dari t-tabel sebesar 1,657 dan taraf signifikansi 0.000 < 0.05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Sebaliknya, Maqashid Syariah (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif, dengan nilai t-hitung sebesar 0.351 lebih kecil dari t-tabel sebesar 1.657 dan taraf signifikansi 0.726 > 0.05, sehingga Ha ditolak dan H0 diterima. Analisis hipotesis menunjukkan bahwa karakteristik konsumen (X1) dan Maqashid Syariah (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif (Y), dengan nilai F-hitung sebesar 35.959 lebih besar dari F-tabel sebesar 2.67 dan taraf signifikansi 0.000 < 0.05. Kata Kunci: Karakteristik Konsumen, Maqashid Syariah, Pembelian Impulsif dan Generasi-Z

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Prayoga, Hadihadi.mhs@iaincurup.ac.id
Khudori, Khairul Umamumamkhairulkhudori@gmail.com
Fitmawati, Fitmawatifitmawati@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: . Akun 9
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:43
Last Modified: 14 Aug 2024 08:08
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7131

Actions (login required)

View Item View Item