Pengaruh Media E-LKPD Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Kemampuan Literasi Membaca Siswa Kelas IV MIS GUPPI No 13 Tasik Malaya

Agustin, Rina Nursandi and Botifar, Maria and Iskandar, Zelvi (2024) Pengaruh Media E-LKPD Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Kemampuan Literasi Membaca Siswa Kelas IV MIS GUPPI No 13 Tasik Malaya. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Full Teks-13.pdf - Accepted Version

Download (15MB)

Abstract

Kemampuan literasi membaca merupakan hal yang sangat penting untuk menunjang kemampuan yang lainnya namun, faktanya kemampuan tersebut masih tergolong rendah di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi membaca siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, serta bagaimana pengaruh penggunaan media E-LKPD berbantuan Liveworksheet terhadap kemampuan literasi membaca siswa IV MIS GUPPI No 13 Tasik Malaya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre-Eksperimental dengan bentuk one group pretest-posttest design. Penelitian ini mengambil sampel siswa kelas IV dengan hanya mengambil satu kelas saja. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah sensus/sampling total dengan teknik pengumpulan data meliputi wawancara, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data berupa uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis Paired Sample 1-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) kemampuan literasi membaca. siswa sebelum diberi perlakuan lebih dominan terdapat pada tingkatan kemampuan yang masih rendah, yakni pada tingkat dasar 50% dan tingkat perlu intervensi khusus 32%; 2) kemampuan literasi membaca siswa setelah pemberian perlakuan mengalami peningkatan dalam setiap tingkatan kemahiran literasi menjadi tingkatan yang lebih tinggi, yakni pada tingkat cakap 27%, mahir 14%, dan perlu ruang kreasi 9%; 3) penggunaan E-LKPD sebagai media pembelajaran berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan literasi membaca siswa, berdasarkan uji hipotesis Paired Sample t-Test diketahui nilai Sig.(2 Tailed) sebesar 0,000 0,05 maka Ho ditolak dan H, diterima. Namun, dalam uji N-gain. nilai yang didapat sebesar 0,35 atau 0.3 ≤ (g) 0.7, yang berada di kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh E-LKPD (variabel X) terhadap kemampuan literasi membaca (variabel Y) pada siswa kelas IV MIS GUPPI No 13 Tasik Malaya, namun peningkatan kemampuan literasi membaca dalam kategori sedang. Kata Kunci: E-LKPD, Literasi Membaca

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Agustin, Rina Nursandirinanur.mhs@iaincurup.ac.id
Botifar, Mariamariabotifar@iaincurup.ac.id
Iskandar, ZelviZelvi.is89@gmail.cpm
Subjects: L Education
P Language and Literature > PB Modern European Languages
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 30 Jul 2024 07:33
Last Modified: 30 Jul 2024 07:33
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7127

Actions (login required)

View Item View Item