Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis

Ulandari, Putri and Rahmadeni, Fevi and Irsal, Irni Latifa (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
pdf putrii.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari pemahaman konsep matematika siswa disekolah masih rendah, siswa tidak memahami konsep matematika sehingga matematika dianggap mata pelajaran yang sukar. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa setelah menggunakan model pembelajaran take and give di SMPN 9 Rejang Lebong 2)Untuk mengetahui disposisi matematis siswa setelah menggunakan model pembelajaran take and give di SMPN 9 Rejang Lebong. 3)Mengetahui ada atau tidak pengaruh model pembelajaran take and give terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMPN 9 Rejang Lebong 4)Mengetahui ada atau tidak pengaruh model pembelajaran take and give terhadap disposisi matematis siswa SMPN 9 Rejang lebong Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian yaitu pretes-posstest control group design. Teknik Pengumpulan data sampel yaitu simple random sampling dengan jumlah sampel kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen 28 siswa dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol 27 siswa.Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi guru dan siswa, tes kemampuan pemahaman konsep. Angket disposisi matematis.Teknik analisis data yang digunakan uji statistik deskriptif dan uji analisis inferensial yaitu uji normalitas,uji homogenitas dan uji independen sample T-Test. Hasil penelitian menunjukan 1) Keterlakaaan proses pembelajaran model pembelajaran take and give ditinjau daari keterlaksanaan pembelajaran (aktivitas guru)yang telah terlaksana sebanyak empat kali pertemuan dengan rata rata sebesar 85% dengan ketegori sangat baik dan keterlaksanaan pembelajaran (aktivitas siswa) telah terlaksana sebanyak empat kali pertemuan dengan rata rata sebesar 79 dengan kategori baik. 2) Hasil Postest kemampuan pemahaman konsep siswa setelah diterapkan model pembelajaran take and give diperoleh rata rata 73 dengan standar deviasi 6. 3) Hasil disposisi matematis setelah diterapkan model pembelajaran take and give diperoleh rata rata 77 dan standar deviasi 13 . 4) terdapat pengaruh model pembelajaran take and give terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa secara signifikan.Diperlihatkan dari hasil nilai sig.artinya terdapat pengaruh model pembelajaran take and give terhadap kemampuan konsep .4) terdapat pengaruh model pembelajaran take and give terhadap disposisi matematis dengan nilai sig. artinya terdapat pengaruh model pembelajaran take and give terhadap disposisi matematis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ulandari, Putriputriulan.mhs@iaincurup.ac.id
Rahmadeni, Fevifevirahmadeni@iain.ac.id
Irsal, Irni Latifairni.latifa@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 30 Jul 2024 07:40
Last Modified: 30 Jul 2024 07:40
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7112

Actions (login required)

View Item View Item