Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (Tai) Terhadap Higher Order Thinking Skills (Studi Pre-Eksperimen Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 72 Rejang Lebong)

NANA HASANAH, RIKHLASUL and Wahyudi, Edi and Fransiska, Jenny (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (Tai) Terhadap Higher Order Thinking Skills (Studi Pre-Eksperimen Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 72 Rejang Lebong). Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
RIKHLASUL NANA HASANAH.20591158.PGMI.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Higher Order Thinking Skills Siswa Kelas V Pada Pelajaran Bahasa Indonesia SDN 72 Rejang Lebong” Penelitian ini dilatar belakangi adanya siswa yang memiliki Higher Order Thinking Skills yang rendah. siswa masih merasa kesulitan dalam menganalisis suatu permasalahan dan mendapatkan solusi, sehingga siswa masih membutuhkan teman sebaya untuk berdiskusi dan memecahkan masalah. Selain itu, ketika berdiskusi dalam suatu kelompok siswa jarang menyampaikan argumen pribadinya karena siswa lebih banyak diam dan kurang aktif dalam berdiskusi. Rendahnya motivasi belajar siswa menyebabkan siswa terlihat kurang semangat dalam belajar, sehingga membuat HOTS siswa menjadi rendah. Dibuktikan dengan nilai siswa yang masih dibawah KKM yaitu 70, dan nilai siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tergolong rendah dengan nilai 35-65. Kurangnya motivasi siswa juga terjadi akibat kurangnya penggunaan model pembelajaran yang inovatif, guru juga belum pernah menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan HOTS siswa. Oleh karenanya dibutuhkan solusi dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Higher Order Thinking Skills siswa dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Higher Order Thinking Skills Siswa kelas V SDN 72 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian terdiri dari satu kelompok ( One Group Pretest-Posttest), dengan kelompok eksperimen diberikan soal pretest pada awal pertemuan dan posttest pada akhir pertemuan. Teknik pengumpulan data meliputi Tes, Observasi, dan Dokumentasi. Populasi berjumlah 35 siswa dan sampel berjumlah 35 siswa dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik analisi data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji Z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Dalam pelaksanaan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap HOTS Siswa kelas V SDN 72 Rejang Lebong, pada pertemuan pertama dan kedua menunjukkan kegiatan guru dan siswa adalah sangat baik; Higher Order Thinking Skills siswa setelah menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan kategori sangat baik sebanyak 6 siswa, dan kategori baik 29 siswa. Berdasarkan uji Z diketahui di peroleh Zhitung = 72 > Ztabel = - 1,64 maka hipotesis di terima. Pada tingkat kepercayaan 99% tes hasil belajar siswa berpengaruh dan meningkat pada pembelajaran Bahasa Indonesia model Team Assisted Individualization terhadap Higher Order Thinking Skillls siswa kelas V SDN 72 Rejang Lebong. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Team Assisted Individualization (TAI), Higher Order Thinking Skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
NANA HASANAH, RIKHLASULrikhlasul.mhs@iaincurup.ac.id
Wahyudi, Ediediwahyudi@iaincurup.ac.id
Fransiska, Jennyjennyfransiska@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 30 Jul 2024 04:23
Last Modified: 14 Aug 2024 04:06
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7111

Actions (login required)

View Item View Item