Pengaruh Model Project Based Lerning (Pjbl) dalam Kurikulum Merdeka Terhadap Kemampuan Menulis Siswa pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SD Muhammadiyah 05 Curup Selatan

ALPAREZI, MUHAMMAD and Botifar, Maria and Zelvi, Iskandar (2024) Pengaruh Model Project Based Lerning (Pjbl) dalam Kurikulum Merdeka Terhadap Kemampuan Menulis Siswa pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SD Muhammadiyah 05 Curup Selatan. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
MUHAMMAD ALPAREZI PGMI (skripsi).pdf - Accepted Version

Download (5MB)
[img] Text
MUHAMMAD ALPAREZI PGMI (skripsi).pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis siswa. Kemudian masih banyak siswa masih mengeluhkan pembelajaran menulis membosankan dan tidak menyenangkan. Inilah alasan peneliti menerapkan model Project Based Lerning (PjBL) sebagai solusi dari permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui: 1) bagaimana kemampuan awal menulis siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Muhammadiyah 05 Curup Selatan; 2) adakah perbedaan kemampuan menulis siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model Project Based Lerning (PjBL) dalam kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk desain penelitian adalah pre experimental menggunakan desain one group pretest posttest. Pengumpulan data melalui angket dan tes dengan populasi 23 siswa. Sampel terdiri dari satu kelas berjumlah 23 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: 1) Kemampuan menulis siswa rendah, ditandai dengan kurangnya kreativitas, penggunaan kosa kata yang terbatas, dan ketidakmampuan merangkai ide secara koheren. Banyak siswa kesulitan mengekspresikan gagasan secara tertulis, menghasilkan tulisan yang tidak terstruktur dan kurang menarik. Motivasi dan minat menulis juga rendah karena metode pengajaran tradisional yang kurang efektif. 2) Penerapan model Project Based Learning (PjBL) dalam Kurikulum Merdeka secara signifikan meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berbeda dengan metode konvensional, PjBL mendorong keterlibatan aktif siswa melalui proyek-proyek berbasis tulisan yang relevan dengan kehidupan nyata. Proses ini membantu siswa mengembangkan keterampilan menulis mereka dengan cara yang lebih praktis dan kontekstual, meningkatkan motivasi, serta memperbaiki kualitas tulisan mereka Kata Kunci: Model Project Based Lerning PjBL, Kemampuan Menulis Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
ALPAREZI, MUHAMMADmuhammad@iaincurup.ac.id
Botifar, Mariamaria.botifar@yahoo.co.id
Zelvi, Iskandarzelvi.is89@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 30 Jul 2024 02:19
Last Modified: 14 Aug 2024 03:42
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/7106

Actions (login required)

View Item View Item